Gandeng BNI Cabang Baubau, UMKM Bersinar Dilaunching – Buton Pos
Suara Wakatobi

Gandeng BNI Cabang Baubau, UMKM Bersinar Dilaunching

LAUNCHING: Bupati Wakatobi bersama pihak BRI saat melaunching UKM Bersinar

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Pemerintah Kabupaten Wakatobi, bekerjasama dengan Bank Nasional Indonesia (BNI) Cabang Kota Baubau sukses melaunching Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Rabu (8/11).

Kegiatan yang berlangsung di Pesanggrahan Budaya Wangiwangi ini, dirangkaikan dengan penyerahan bantuan secara simbolis uang tunai kepada dua pelaku usaha mikro di Wakatobi.

UMKM bersinar merupakan program Pemerintah Kabupaten Wakatobi untuk membantu permodalan pelaku usaha mikro. Program ini di bawah koordinasi Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, dan Tenaga Kerja Kabupaten Wakatobi.

“Ini semua tujuannya untuk menggeliatkan kembali kegiatan-kegiatan usaha mikro kecil menengah di Kabupaten Wakatobi yang turut memberi kontribusi 60 persen lebih untuk perputaran ekonomi di daerah ini,” tutur Kepala Dinas Koperasi dan UMKM La Ode Boa, di Pesanggrahan Budaya Wangiwangi, Rabu (8/11).

Ia menguraikan, program UMKM bersinar merupakan kerjasama subsidi Pemerintah Kabupaten Wakatobi melalui berbankan. Untuk calon peminjam akan mengkredit modal. Sementara bunganya ditanggung pemerintah daerah.

“Bantuan kredit ini, modalnya 100 persen di keluarkan oleh BNI. Sementara APBD hanya menanggung supsidi bunga. Oleh karena itu kepada para peminjam atau calon nasabah, bunganya tidak dibebankan kepada bapak ibu sekalian,” terang mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wakatobi itu.

Sementara itu, Bupati Wakatobi H Arhawi Ruda didampingi Sekretaris Kabupate (Sekab) Wakatobi Drs Muhammad Ilyas Abibu dan Kepala Cabang BNI Baubau Ir Jusran Buraera menyampaikan rasa terima kasihnya atas terealisasinya program UMKM bersinar.

“Saya selaku bupati menyampaikan rasa terimah kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mewujudkan program UMKM bersinar ini,” ujar Arhawi dalam sambutannya.

Ia menguraikan, UMKM bersinar merupakan program politik yang pernah disampaikan pada kampanye pemilihan kepala daerah 2015 lalu, dengan tujuan untuk membantu pelaku usaha yang kekurangan modal.

“Program ini sebelutnya adalah merupakan niat baik, niat yang ikhlas yang selama ini. Kebutuhan permodalan masyarakat Wakatobi dalam rangka memajukan usaha-usahanya di daerah sangat dinantikan dan sangat diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Wakatobi,” terangnya.

Selain modal kredit, melaui UMKM bersinar ini, pemerintah daerah akan menghelat program lainnya seperti penetapan kampung BNI dan bantuan alat tenun gendongan. (p10)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!