Gembira Jilid 2 Siap Eksen – Buton Pos
Suara Bombana

Gembira Jilid 2 Siap Eksen

DARWIN

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Program unggulan Bupati Bombana, H Tafdil dan Wakilnya Johan Salim siap eksen. Program yang dilabeli Gerakan Membangun dengan Ridha Allah (Gembira) itu, kini mulai memasuki tahapan persiapan.

Pelaksana Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Bombana, Darwin menegaskan, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bombana 2018 sebentar lagi mulai direalisasikan. Pihaknya tinggal menunggu teknisnya dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tinggal menunggu waktu yang tepat saja. Sebab untuk anggaran sudah mulai hampir runing (jalan). Anggaran Gembira itu kan sudah kami posting. Dan semua itu sudah ada dalam postur APBD 2018. Jadi realisasinya itu tinggal menunggu teknis saja dari masing-masing SKPD,” paparnya.

Mantan Sekretaris BKD Bombana ini menjelaskan, penggunaan sebuah APBD itu harus melewati jalur, tahapan dan mekanisme. “Saat ini kami tinggal menunggu SOP (Standar Operasional Prosedur, red) seperti Juklak dan Juknisnya, (petunjuk pelaksaan dan petunjuk teknisnya). Itu tugas masing-masing SKPD kita. Jadi tinggal itu yang ditunggu. Jika itu sudah selesai, sudah bisa dimulai,” pungkasnya.

Darwin mencotohkan Gembira Cerdas misalnya. Sebelum merealisasikan program itu, harus jelas dulu bagaimana teknis pelaksaannya di lapangan nanti. Siapa saja penerimanya, atau bagaimana nanti persyaratannya. Normatif itulah, kata Darwin, sementara tahap penggodokan di masing-masing OPD.

“Jadi pada dasarnya itu, soal anggaran sudah pada siap. Misalnya di program Simda Keuangan ( Sistem Informasi Manajemen Daerah), semua program gembira itu sudah kami posting. Para Bendahara SKPD pun, sudah ditunjuk. Bahkan masing-masing Bendaharanya itu sudah mengantongi SK. Tinggal Juklak dan Juknisnya saja. Itupun saat ini sudah tahap penggodokan masing-masing SKPD,” jelasnya.

Penjelasan itu, senada dengan Bupati Bombana, H Tafdil. Dia menegaskan akan merencanakan acara launching perdana sebagai tanda dimulainya Program Gembira untuk jilid 2.

“Saat ini sementara proses ya. Sementara tahap persiapan. Kita tunggu dulu prosesnya. Nanti kan kita akan gelar lauching jika persiapannya sudah rampung,” tukasnya.

Sebelumnya, Tafdil-Johan Salim sudah merilis sejumlah program yang bakal dijalankan tahun ini. Lewat penjabaran APBD 2018, dua putra terbaik Bombana ini menghibahkan anggaran APBD-nya hampir sepertiga untuk mendongkrat kesejahteraan masyarakat bawah.

Diantaranya, Rp 152 miliar untuk program Gerakan Membangun Dengan Allah (Gembira) jilid 2, serta pengucuran anggaran Tiap Desa Rp 500 juta dan tiap Kecamatan Rp. 1,5 miliar. Setidaknya terdapat tujuh program unggulan yang siap dikerja tahun 2018.

Antara lain, program gembira terang atau bantuan pemasangan listrik cuma – cuma bagi warga miskin. Pemberian beasiswa bagi mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu, bantuan bedah rumah serta Pemberian jaminan kesehatan,

Empat program lainnya yakni pemberian asuransi khusus bagi warga miskin yang kerjanya tergolong beresiko tinggi, pemberian santunan kematian, sokongan modal usaha, bantuan bencana hingga dana untuk bantuan layanan hukum bagi warga yang kiurang mampu. (dar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top