Giliran Guru Terkena Gelombang Mutasi – Buton Pos
Suara Muna

Giliran Guru Terkena Gelombang Mutasi

Ilustrasi

BUTONPOS.COM, MUBAR – Setelah pejabat eselon II dan III yang mendapatkan penyegaran, kini giliran guru-guru tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menegah pertama (SMP) lingkup Pemerintah Kabupaten Muna Barat (Pemkab Mubar) yang mendapatkan mutasi.

Namun, prosesnya berbeda. Mutasi di tingkat pejabat eselon dilakukan secara terbuka. Mereka dipanggil satu per satu, sesuai tempat yang akan dijabat. Sementara para guru tinggal menerima surat keputusan (SK) penempatan mengajar baru.

“Termasuk guru-guru TK juga akan dilakukan penyegaran. Dalam waktu dekat ini sudah ada titik kejelasan. Kita sekarang sementara buatkan SK masing-masing,” ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Mubar, Jamuddin.

Kata dia, mutasi bagi lingkup Dikbud itu hal biasa. Karena perlu ada penyegaran dalam upaya peningkatan mutu pendidikan. Para tenaga pengajar juga perlu memahami lingkungan sekolah lain. Jadi tidak harus monoton pada satu tempat.

“Ini tidak ada kaitannya dengan persoalan Pilkada Mubar lalu. Kebijakan ini kami lakukan sesuai dengan kebutuhan sekolah. Ada beberapa sekolah yang masih kekurangan tenaga pengajar, jadi harus diisi,” katanya.

Menurut Jamuddin, tidak ada yang dipromosi untuk mendapatkan jabatan. Hanya pada perolingan tempat mengajar. Itupun disesuaikan dengan kebutuhan sekolah itu sendiri.

“Jumlahnya sekitar 10 orang saja yang mendapatkan SK mutasi. Mereka ini akan ditempatkan pada sekolah-sekolah yang masih kekurangan guru mata pelajaran dan guru kelas,” tuturnya.

Mantan Kabid Dikdas Dikbud Mubar itu berharap agar para guru yang terkena roling tempat mengajar tidak mengambil kesan buruk. Pihaknya melakukan hal ini karena kebutuhan pendidikan di Mubar.

“Kalau hanya difokuskan pada satu tempat itu kan mereka pasti jenuh. Jadi butuh penyegaran. Ditempat baru nanti pasti ada semangat baru. Mudah-mudahan, langkah ini bisa meningkatkan mutu dan kualitas anak-anak didik kita,” tukasnya. (p5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top