Gubernur Salurkan Hak Pilih di Kota Kendari, Wagub di Konawe – Buton Pos
Suara Sultra

Gubernur Salurkan Hak Pilih di Kota Kendari, Wagub di Konawe

BUTONPOS.COM, KENDARI – Setelah meninjau pemungutan suara di tujuh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kota Kendari, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, akhirnya mengunjungi TPS 9 Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari untuk menyalurkan hak pilihnya, Rabu (17/4).

Perjalanannya tersebut, Ali Mazi tidak sendiri, namun didampingi Wali Kota Kendari, sejumlah kepala SKPD dan beberapa Muspida Sultra. Orang nomor 1 di Sultra itu mengaku bahagia telah menyalurkan hak pilihnya pada pesta demokrasi tahun ini. Ia juga meminta masyarakat ikut menyalurkan hak pilihnya dan tidak golput. “Semoga sebelum pukul 13.00 Wita semua masyarakat sudah menyalurkan hak pilihnya,” imbuhnya.

Ia juga berharap, seluruh masyarakat Sultra dapat menyalurkan hak pilihnya sehingga angka partisipasi pemilih di Sultra dapat mencapai 85 hingga 90 persen. “Saya lihat banyak masyarakat sangat antusias untuk menyalurkan hak suaranya dan semoga bisa tercapai semua apa yang diharapkan,” pungkasnya.

Sementara itu, informasi yang dihimpun koran ini, Wakil Gubernur (Wagub) Sultra, Lukman Abunawas menyalurkan hak pilihnya di TPS 4 Kelurahan Arombu, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe.

Pantauan koran ini, tujuh TPS yang dikunjungi Ali Mazi adalah TPS 18 Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga, TPS 22, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, TPS 9 Kelurahan Baruga, Kecamatan Baruga, TPS 3 dan TPS 15 Kelurahan Watubangga, Kecamatan Baruga, TPS 2 Kelurahan Pungkaloba, Kecamatan Kendari Barat, TPS 10 Kelurahan Kemaraya, Kecamatan Kendari Barat dan berakhir di TPS 9 Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga dimana ia menyalurkan hak pilihnya.

Sementara di Kabupaten Kolaka, Bupati Ahmad Safei menyalurkan hak pilihnya bersama 363 pemilih lainnya di TPS 11 Kelurahan Watuliandu, Kecamatan Kolaka, Rabu (17/4).

Berbeda dengan Pilkada dan Pemilu terdahulu, kali ini Safei hanya terlihat datang sendiri di lokasi TPS tanpa didampingi istri dan keluarga. Ketika tiba di lokasi pencoblosan sekira pukul 11.45 wita, Safei yang datang dengan menumpangi kendaraan pribadi hanya terlihat bersama ajudan.

Informasi yang dihimpun dari beberapa sumber menyebutkan, Safei datang sendiri ke TPS karena sang istri, Herti Safei dan anak-anaknya terdaftar sebagai pemilih di TPS berbeda. “Kalau tidak salah, ibu bupati dan anak beliau terdaftar di TPS 10,” kata salah seorang petugas TPS 11.

Setelah menyalurkan hak pilihnya, bupati Kolaka dua periode itu menyatakan harapannya, pelaksananaan Pilpres, Pilcaleg dan DPD di seluruh wilayah Kabupaten Kolaka berjalan aman, lancar dan tertib.

“Harapan kita tentunya masyarakat harus selalu menjaga keamanan bersama. Sehingga bisa tercipta pelaksanaan pemilu yang damai. Memang sudah ada pihak keamanan polisi, TNI, dan Linmas, tetapi masyarakat harus tetap ikut terlibat menjaga keamanan dan ketertiban,” imbaunya.

Sementara itu, dari hasil pemantauan di beberapa TPS dalam wilayah kecamatan Kolaka dan Pomalaa, penghitungan suara untuk Pilpres, Caleg, dan DPD masih terus berlangsung hingga pukul 16.30 Wita.

Khusus penghitungan suara Pilpres yang lebih dulu tuntas dilakukan, pasangan Capres 02 Prabowo – Sandi masih terlihat unggul di Kecamatan Kolaka, dan Pomalaa, demikian pula di Kecamatan Latambaga dan Samaturu.

Untuk ketahui, selama bertahan-tahun barometer keterpilihan calon kepala daerah dan Capres di Kabupaten Kolaka dapat tergambar jelas dari perolehan suara di tiga kecamatan sebagai wilayah dengan DPT terbesar yakni Kolaka, Pomalaa dan Kecamatan Latambaga. (m1/m6)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top