Gubernur Sultra Minta Satgas Pangan Awasi Ketat Harga Barang – Buton Pos
Ragam

Gubernur Sultra Minta Satgas Pangan Awasi Ketat Harga Barang

BUTONPOS.COM, KENDARI – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pasar murah yang dibuka di pelataran Tugu MTQ Kota Kendari, sejak Rabu (22/5). Kegiatan itu dalam rangka menstabilkan harga Sembako dipasaran.

Gubernur Sultra, Ali Mazi yang diwakili Sekretaris Provinsi (Sekprov), La Ode Mustari mengatakan, pasar murah sebagai salah satu solusi untuk pengendalian harga kebutuhan pokok selama bulan ramadan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Karena pada saat bulan ramadan dan Hari Raya Idul Fitri, seringkali terjadi kenaikan harga barang kebutuhan pokok. Sehingga solusi untuk menteralisir kenaikan harga dan keanekaragaman harga barang, dengan adanya operasi pasar atau pasar murah,” jelasnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, Satgas pangan dan pihak lainnya agar lebih meningkatkan pengawasan terhadap kenaikan harga barang. Disperindag dan Bulog juga harus terus melakukan penetrasi terhadap pasar dengan menggunakan beras cadangan pemerintah.

“Selain menetralisir sembilan bahan pokok (Sembako), juga menetralisir terhadap gula pasir, minyak goreng, bawang putih dan bawang merah, agar harga di pasar benar-benar stabil sesuai harga eceran tertinggi, serta sesuai ketetapan harga pemerintah,” tegasnya.

Dikatakan, biasanya pasokan beberapa barang kebutuhan pokok sudah disuplay dari produsen lokal di wilayah Sultra, seperti beras, daging sapi dan ikan. Sedangkan komoditi lainnya seperti telur, sayuran, kenntang, wortel, daun bawang, tomat, bawang merah, bawang putih masih disuplay dari luar Sultra seperti Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan daerah lainnya.

“Semoga pasokan barang kebutuhan kita tidak mengalami gangguan dikemudian hari. Serta saya mengharapkan kepada semua instansi teknis terkait agar terus melakukan upaya pengembangan terhadap komoditi yang masih defisit. Mudah-mudahan pasar murah selama empat hari ini, masyarakat dapat belanja dengan berbelanja barang kebutuhan saja agar kebutuhan rumah tangga dapat terpenuhi selama satu bulan ramadan ini,” pungkasnya. (m1)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top