Hadiri HUT Mubar ke-5, Bupati Buteng Diberi Kehormatan Lepas Balon – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Hadiri HUT Mubar ke-5, Bupati Buteng Diberi Kehormatan Lepas Balon

LEPAS BALON: Bupati Buteng H Samahuddin bersama Bupati Mubar Rajiun Tumada, melepas balon pada peringatan HUT Kabupaten Mubar, kemarin. FOTO: FAUZI/BUTON POS

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Memiliki hubungan yang baik dengan beberapa daerah tetangganya, Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin senantiasa meluangkan waktunya untuk menghadiri upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) daerah-daerah tetangganya tersebut setiap tahunnya.

Mulai dari HUT Pasarwajo sebagai ibukota Kabupaten Buton setiap 10 Juni, HUT Kabupaten Muna setiap 4 Juli, HUT Kabupaten Buton Selatan (Busel) setiap 24 Juli, HUT Kabupaten Muna Barat (Mubar) setiap 9 Juli, dan HUT Kota Baubau setiap 17 Oktober.

Dalam menghadiri setiap hari jadi daerah tetangganya tersebut, Bupati Buteng selalu mengajak para Kepala OPD-nya. Seperti yang terlihat pada upacara peringatan HUT Kabupaten Mubar, Rabu (9/10/2019), Bupati Buteng H Samahuddin dan Wakil Bupati (Wabup) Buteng Kapten Inf (Purn) La Ntau bersama para Kepala OPD ramai-ramai menghadiri upacara HUT Mubar ke-5 yang digelar di Lapangan Laworo.

Dalam kesempatan itu, Bupati Buteng diberi kehormatan melepaskan balon di udara bersama Bupati Mubar LM Rajiun Tumada usai upacara sebagai puncak peringatan Hari Jadi Mubar tahun kelima. Dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng yang dipercayakan kepada ketua lembaga adat dari Kabupaten Mubar dan Kabupaten Muna.

“Semoga Mubar lebih maju dan jaya,” kata Samahuddin melepas balon ke udara. “Kita lihat balonnya mau mengarakah kemana, ke Buteng atau ke Muna,” sambung Rajiun. “Balonnya mengarah ke Muna pak,” lapor beberapa stafnya disertai senyum dan sedikit tawa dari Rajiun.

Usai pelepasan balon di udara dan pemotongan tumpeng, para tamu undangan diarahkan menuju stand-stand makanan untuk makan siang bersama yang disiapkan OPD, kecamatan, dan sekolah-sekolah di Mubar tak jauh dari lapangan upacara, yakni di Kantor Dinas Kesehatan.

Bupati Mubar, Bupati Buteng, Wabup Buteng, Dandim Muna, Kapolres Muna, dan Kejari Muna duduk satu meja menyantap hidangan yang sudah disiapkan. Sementara para Kepala OPD Buteng dipersilahkan makan di stand-stand makanan OPD Mubar.

Bupati Buteng H Samahuddin yang dicegat awak media ketika hendak balik lagi ke Buteng, mengucapkan terima kasih kepada bupati dan wakil bupati Mubar beserta jajarannya atas penyambutan yang sudah diberikan kepada rombongan Pemkab Buteng.

“Semoga Buteng dan Mubar maupun Muna tetap menjadi saudara dan selalu menjalin hubungan silaturahim satu sama lain. Mulai dari kepala daerahnya, jajaran pemerintahannya hingga masyarakatnya. Kalau pimpinan daerahnya sudah menyatu seperti ini, insya Allah akan diikuti masyarakat dibawahnya,” tutur Samahuddin.

Diminta pandangan dan penilaiannya terhadap perkembangan Mubar sejauh ini, Samahuddin mengaku progresnya cukup bagus. Hanya saja, ia tak mau membanding-bandingkan dengan Buteng atau daerah lainnya. Intinya, semua harus berlomba untuk membangun dan memajukan daerah masing-masing untuk kesejahteraan masyarakatnya.

“Selamat kepada Mubar dalam memperingati hari jadinya yang kelima tahun hari ini, semoga cepat maju dan mampu bersaing dengan daerah-daerah lainnya,” ucap Samahuddin.

Sementara itu, Bupati Mubar Rajiun Tumada mengaku kehadiran Bupati Buteng dalam upacara peringatan HUT Mubar ke-5 merupakan salah satu bentuk kebersamaan di wilayah daratan Muna, dimana dari segi adat, budaya, dan bahasa adalah sama.

“Saya berharap perlakuan Buteng terhadap Mubar hari ini, sama juga dengan daerah sekitar lainnya. Buteng memperingati hari ulang tahunnya, kita juga akan hadir. Perlakuan ini sudah menjadi komitmen bersama antara Buteng dan Mubar,” ungkap Rajiun.

Terkait ketidakhadiran Bupati Muna Rusman Emba, Rajiun mengaku pihaknya sudah menyampaikan undangan secara keseluruhan kepada Pemkab Muna. “Saya sudah disampaikan pada rapat pemegang saham BPD di Kendari sebelumnya, jika Bupati Muna tidak sempat untuk hadir. Alhamdulillah, hari ini sudah hadir Ketua DPRD Muna dan Ketua Lembaga Adat Kabupaten Muna dan tokoh-tokoh masyarakat Muna,” bebernya. (uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top