Hamsina Bolu Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Buteng – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Hamsina Bolu Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Buteng

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI- Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Wa Ode Hamsina Bolu bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada tokoh masyarakat, pemuda, pelajar, dan mahasiswa di aula Hotel Findi Lakudo, Kamis (15/11).

Dalam mensosialisasikan empat pilar kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika) tersebut, Hamsina Bolu juga menggandeng nara sumber dari akademisi, yakni Wakil Rektor I Universitas Muhamadiyah Buton (UMB) Drs H La Ijaa MSi dan Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Buteng H Kasim.

“Sudah menjadi tugas anggota DPD RI maupun DPR RI untuk mensosialisasikan empat pilar ini kepada masyarakat, pemuda, mahasiswa, dan pelajar di daerahnya masing-masing,” ungkap Hamsina kepada sejumlah media usai sosialisasi.

Tujuannya, kata dia, peserta dapat memahami betapa pentingnya empat pilar kebangsaan ini dalam menjaga negara dan bangsa Indonesia dari perpecahan dan disintegrasi bangsa. Selain itu, diharapkan dapat menangkal paham radikalisme yang berkembang di masyarakat, utamanya yang tidak sejalan dengan Pancasila.

“Saya merasa senang Badan Kesbangpol Kabupaten Buteng dapat menghadirkan peserta dari berbagai kalangan, mulai dari tokoh masyarakat, tokoh perempuan, kalangan pemuda, mahasiswa, dan pelajar sehingga sosialisasi dapat tersampaikan secara menyeluruh pada perwakilan kalangan tersebut,” imbuhnya.

Budayawan Buton ini berharap, paham-paham ideologi Pancasila juga sejalan dengan kearifan lokal yang ada di masyarakat Kabupaten Buteng khususnya dan Sultra pada umumnya. “Kearifan lokal seperti inilah yang harus dikembangkan dan ditanamkan kepada generasi muda kita,” tandasnya.

Pengganti Rusman Emba di DPD-RI ini juga berharap, sosialisasi empat pilar kebangsaan ini juga bisa digelorakan dengan baik oleh pemerintah daerah melalui Badan Kesbangpol maupun Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) pada momen-momen tertentu dengan sosialisasi yang sama.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top