Hari Pahlawan, Veteran dan Penyandang Cacat Diberi Bantuan – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Hari Pahlawan, Veteran dan Penyandang Cacat Diberi Bantuan

Bupati Buteng H Samahuddin memberikan bantuan kepada para veteran pada upacara peringatan Hari Pahlawan di Lakudo, kemarin

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) memperingati Hari Pahlawan Nasional 10 November dengan upacara dan pemberian bantuan kepada veteran atau ahli warisnya dan penyandang cacat melalui dana pusat dan APBD.

Bantuan tersebut diserahkan langsung Bupati Buteng H Samahuddin, didampingi Wakil Bupati Kapten Inf (Purn) La Ntau, dan Ketua DPRD Adam, usai pelaksanaan upacara di Lapangan Tangkalawa Lakudo, Jumat (10/11) pagi.

“Pemberian bantuan ini sebagai bentuk kepedulian kita terhadap veteran yang berjuang kepada bangsa dan negara dan perhatian pemerintah kepada para penyandang cacat,” ungkap Samahuddin kepada rekan media usai memberikan bantuan.

Atas nama pemerintah daerah, dirinya berterima kasih kepada pemerintah pusat yang mengucurkan bantuan kepada Kabupaten Buteng melalui berbagai program pemberdayaan yang sangat membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya.

“Kita berharap pemerintah pusat lebih banyak lagi menurunkan bantuannya kepada Kabupaten Buton Tengah, karena bantuan seperti ini sangat membantu dan memberikan motivasi kepada penerima untuk berusaha lagi meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” harapnya.

Wakil Bupati Buteng La Ntau menambahkan, peringatan hari pahlawan dengan melaksanakan upacara merupakan cara generasi saat ini memberikan penghormatan kepada para para pahlawan yang telah gugur atas perjuangannya merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

“Menjadi kewajiban kita dan generasi penerus kedepan untuk melaksanakan upacara peringatan hari pahlawan seperti ini setiap tahunnya,” tegasnya.

Kepada para penerima bantuan, oeang nonor dua di Kabupaten Buteng ini berharap bantuan tersebut dapata dipergunakan dan dimanfaatkan dengan baik. “Mudah-mudahan kedepan bantuan dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat dapat bertambah lagi,” tutupnya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial, Dinas Sosial Kabupaten Buteng, Andy Nursin, menerangkan penerima bantuan penyandang cacat Disabilitas berat yang terkafer tahun ini sebanyak 12 orang. Masing-masing mendapat bantuan RP 300 ribu per bulan yang bersumber dari APBN.

Sementara dari APBD, bantuan diberikan kepada para penyandang cacat yang memiliki keterampilan dalam bentuk paket sesuai kebutuhan keterampilannya.

“Selain itu, ada juga pemberian bantuan pemberdayaan kelompok masyarakat seperti KUBE sebanyak 30 kelompok, dimana masing-masing kelompok berjumlah 10 orang. Setiap kelompok mendapat banruan sebesar Rp 20 juta,” beber Andy Nursin.

Selain itu, ada bantuan keserasian sosial dalam bentuk padat karya Rp 109 juta per desa yang mendapatkan bantuan dengan harapan tidak ada konflik di desa tersebut. Ada dana kearifan lokal untuk memberdayakan sanggar-sanggar seni yang ada agar kesenian di daerah tetap terjaga kelestariannya dan jangan sampai punah sebesar Rp 50 juta per sanggar seni.

“Ada pula bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) sekitar Rp 6 miliar dengan jumlah 3.159 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penerimanya adalah mereka yang masuk kategori miskin berdasarkan data base terpadu TNP2K,” pungkasnya.(uzi)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!