Hasil Autopsi, IS Pelaku Infanticide – Butonpos
Suara Buton

Hasil Autopsi, IS Pelaku Infanticide

Makam bayi yang ada di pemakaman umum Kelurahan Wakoko digali untuk kebutuhan autopsi, Senin

BUTONPOS.COM, PASARWAJO – Setelah berhasil mengungkap pelaku pembuang bayi di pantai Kelurahan Wakoko, Kecamatan Pasarwajo, yang terjadi lebih kurang enam bulan lalu, Penyidik Reskrim Polres Buton langsung menggandeng Tim Forensik Polda Sultra untuk melakukan ekshumasi atau autopsi gali kubur. Ekshumasi dilakukan di pemakaman umum Kelurahan Wakoko, Senin (24/7).

Dari hasil autopsi tersebut terungkap bahwa IS (21) sebagai ibu sekaligus pelaku pembuang bayi telah melakukan tindakan infanticide. Istilah kedokteran ini berarti bahwa, IS telah membunuh bayinya sendiri pada saat dilahirkan atau beberapa saat sesudah dilahirkan oleh karena takut diketahui orang lain bahwa dia telah melahirkan anak.

“Kami menegaskan bahwa apa yang sudah dikerjakan penyidik selama ini dari hasil outopsi tadi sudah sejalan, bahwa ini mengarah kepada kasus infanticide. Ini umumnya saja yang kami sampaikan,” tegas Ketua Tim Forensik Polda Sultra, dr Maluddin, seteleha selesai melakukan autopsi.

Selain menentukan kasus ini tergolong aborsi atau infanticide, Tim Forensik juga akan melakukan tes DNA guna menentukan hubungan biologis antara ibu dengan bayi tersebut. Namun hasilnya akan diketahui lebih kurang selama satu bulan ke depan, atau tergantung dari kesibukan Labolatorium DNA Polri di Jakarta.

Untuk itu, mengingat bayi dilahirkan bukan secara aborsi maka IS dikenakan Pasal 341 dan 342 KUHP serta Pasal 80 ayat 3 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2015 tentang Perlindungan Anak. Ancaman hukumnnya antara tujuh sampai 15 tahun penjara.

Prev1 of 2

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />

Copyright © 2016 Butonpos

To Top