Hasil Panen Padi Merosot Drastis – Buton Pos
Metro Baubau

Hasil Panen Padi Merosot Drastis

Ilustrasi

-Petani Kampeonaho Berharap Pemerintah Beri Perhatian

BUTONPOS.FAJAR.CO.ID, BAUBAU – Petani Kelurahan Kampeonaho Kecamatan Bungi mengeluhkan hasil produksi musim panen Oktober tahun ini. Volume panen gabah padi dirasa sangat menurun drastis.

Mang Dika merupakan satu dari sejumlah petani Kampoenaho yang mengalami hal itu. Hasil panennya merosot hingga 50 persen per hektar.

“Kita hanya menghasilkan satu ton beras pada musim panen kali ini. Padahal biasanya bisa sampai dua ton per hektare. Bahkan ada juga yang kelola satu hektare sawah tidak panen sama sekali,” ungkap Dika kepada wartawan, Kamis (31/10).

Menurut dia, hal serupa juga dirasakan petani tetangga di Kelurahan Tampuna. Minimnya suplai air ke sawah dicurigai menjadi penyebab utama hasil panen menurun.

“Makanya kita berharap agar pemerintah memberi perhatian berupa pembangunan bendungan dan saluran irigasi. Sehingga, sawah kita nantinya mendapat pasokan air yang cukup,” tukasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Baubau, Muhammad Rais mengaku, pihaknya selalu berupaya mengakomodir kebutuhan seluruh petani. Namun, jumlah bantuan terbatas terkadang menjadi kendala.

“Sehingga yang cepat mengusulkan maka akan mendapatkan lebih awal. Olehnya itu, sebaiknya kelompok tani mengusulkan bantuan paling lambat Agustus supaya tidak melewati waktu pembahasan anggaran,” terang Rais dikonfirmasi di kantor Setda Baubau.

Lebih jauh, kata dia, sebelum mengusul ke Kementerian Pertanian, pihaknya terlebih dahulu meninjau ke lokasi persawahan untuk mencatat infrastruktur yang dibutuhkan pada petani.

“Bantuan PSP (Prasarana dan Sarana Pertanian) itu dari pemerintah pusat. Tapi, sebelum diusulkan, kita akan tinjau dulu apa-apa yang dibutuhkan,” pungkas Rais. (exa)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top