Hitungan Menit, Tenun Kain Sulaa Raup Rp 4 Juta – Buton Pos
Ekobis

Hitungan Menit, Tenun Kain Sulaa Raup Rp 4 Juta

wartawan butonpos.com, kasim mencoba mengbadikan cara pembuatan kain tenunan buton dengan cara foto bersama

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Hanya dalam hitungan menit para penjual kain tenun sudah mampu meraup omzet sampai Rp 4 juta, saat Plt Gubernur Sulawesi Tenggara, H M Saleh Lasata meresmikan galeri tenun Kelurahan Sulaa, Kota Baubau, Sultra bersama Anggota DPR RI, Tina Nur Alam beserta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH dan Hj Wa Ode Maasra Manarfa.

Para pejabat Pemerintah Daerah ini masuk dalam rumah panggung dengan suguhan berbagai motif kain tenun.

Seorang penjual kain tenun, Mus Ida, mengatakan, dengan adanya peresmian galeri tenun tersebut ia berhasil meraup penjualan sekitar Rp 4 juta dengan menjual empat lembar kain tenun. Hal ini sangat berbeda dengan sebelumnya yang hanya bisa menjual sedikit kain.

“Sudah terjual Rp 4 juta, itu ada empat kain. Untuk harga kain tenunnya beda-beda, paling rendah Rp 200 ribu dan yang paling tinggi Rp 1 juta. Sebelumnya, sebulan bisa tiga lembar dan kadang tidak ada,” ungkap Ida kepada awak media, Selasa (05/12/17).

Ia berharap, dengan hadirnya galeri tenun tersebut dapat meningkat penjualan dan perekrutan masyarakat Kelurahan Sulaa. Tak lupa pula Ida menghaturkan terima kasih dengan diadakannya galeri ini sehingga bisa memacu semangat penenun dalam meningkatkan bahan produksi.

Saat yang bersamaan ada dua orang ibu yang tengah semangat membuat kain tenun tradisional. Satu diantaranya, Zuhunia yang menjalankan kerjaan menenun seja tahun 1975 ini mengatakan, pembuatan selembar kain tenun tersebut dibuat selama satu minggu.

“Saya sudah mulai menenun sejak tahun 1975. Dan hanya satu minggu satu kain yang dapat kami buat,” aku Zuhunia. (po4)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!