HUT Bombana, Tafdil Buka Seremonial Porseni – Buton Pos
Suara Bombana

HUT Bombana, Tafdil Buka Seremonial Porseni

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Pekan olahraga dan seni (Porseni) menyambut Hari Jadi Kabupaten Bombana resmi dibuka di Desa Lengora, Kecamatan Kabaena Tengah, Kabupaten Bombana. Hari jadi Bombana ke-15 itu dibuka langsung oleh Bupati Bombana, H. Tafdil, Rabu sore (17/10).

Opening seremonial porseni itu dibuat semarak. Acara diawali dengan pawai defile dari 22 kecamatan dengan menampilkan aneka kostum, yang diselingi sejumlah pakaian adat. Pawai ini menarik perhatian warga setempat.

Acara lalu disuguhkan dengan sejumlah tarian khas Kabaena dan ditutup dengan tarian kolosal Neneangi.

Dihadapan seluruh masyarakat Bombana yang memadati lapangan Desa Lengora saat pembukaan perseni, Bupati Bombana, H. Tafdil mengatakan, perayaan HUT Bombama tahun 2018 ini dibuat berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu ada dua event yang akan dilaksanakan Pemkab Bombana, yaitu pada Oktober dan Desember.

“Jadi tahun ini dua kali kita laksanakan. Sekarang (kemarin) ini pembukaan Pekan Olahraga menyambut HUT. Dan Desember (nanti), acara inti upacara HUT Bombana. Jadi jangan pikir dimajukan, tidak, karena ada beberapa pertimbangan,” paparnya.

Didamping Istrinya Andi Nirwana, Tafdil mengungkapkan, dimajukanya kegiatan porseni kali ini, karena pada Desember, laut Kabaena cuacanya sangat extream. Dimana bila dilaksanakan, akan banyak risiko yang dihadapi para kontingen, mengingat ada 2000 peserta dari daratan Bombana untuk menghadiri penyambutan HUT Bombana tersebut.

“Ombaknya besar di bulan Desember, olehnya itu kita majukan. Jadi dengan pertimbangan itu dan pertimbangan lainnya, kami majukan,” ujarnya.

Bupati dua periode itu berharap, event tahunan ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan bersama. Dan terkhusus, untuk Desa Lengora, pihaknya berharap banyak dampak positif dari penyelenggaraan event ini, khususnya dampak ekonomi. Karena dengan banyaknya warga yang datang di Kabaena, khususnya Desa Lengora Kecamatan Kabaena Tengah, sehingga dapat menghidupkan ekonomi masyarakat.

“Minimal satu orang belanja Rp 50 ribu atau Rp 100 saja per hari. Dan pelaksanaan ini (berlangsung) tujuh hari, berapa ratus juta pemasukan yang masuk. Tertunya ini akan membawa dampak positif,” jelasnya.

Sebelum menutup sambutannya, Tafdil juga berharap agar acara seremoni ini dapat bermanfaat bagi semua dan mempererat tali silaturahmi seluruh masyarakat Bombana.

“Selamat menikmati hiburan ini, semoga bermanfaat. Dan untuk yang berkompetisi, selamat bertanding, dan bertandinglah dengan sportif. Kalah menang adalah hasil sebuh pertandingan, jangan hasilnya malah memecah atau membuat keadaan tidak kondusif,” tukasnya. (dar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top