HYF AHMAD Komitmen Berantas Pengangguran Dengan Perluas Akses Lapangan Kerja – Buton Pos
Metro Baubau

HYF AHMAD Komitmen Berantas Pengangguran Dengan Perluas Akses Lapangan Kerja

H. Yusran Fahim dan H. Ahmad Arfa

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Pasangan calon walikota dan Walikota Baubau H. Yusran Fahim dan H. Ahmad Arfa berkomitmen menekan angka penggangguran di kota Baubau. Menurutnya selain masalah lesunya perekonomian, salah satu problem mendesak yang harus diselesaikan adalah tingginya angka pengangguran di Kota Baubau.

“Problem ekonomi dan tingginya angka pengangguran adalah dua problem yang cukup mendesak diselesaikan di kota Baubau sehingga kedepan itu akan menjadi prioritas kami menjalankan pemerintahan jika kelak diberi amanah pemimpin daerah ini,” ungkap Yusran.

Yusran menjelaskan meski berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) angka pengangguran terbuka sekitar 5000an orang, tetapi faktanya masih banyak pengangguran terselubung ditengah-tengah masyarakat. Mereka ini adalah mereka yang terlihat aktif bekerja namun kurang produktif secara ekonomis. Sehingga pemerintah perlu hadir untuk mendorong terciptanya iklim investasi agar usaha-usaha produktif dapat tumbuh dan menyerap tenaga kerja.

“Satu hal yang selalu hadir di benak, adalah optimisme agar anak-anak muda di kota ini tidak menjadi penganggur terselubung. Maksudnya mereka terlihat aktif namun kurang produktif secara ekonomis. Itu terjadi karena keterbatasan lapangan kerja dan minimnya usaha eknomi kreatif. Pun jika ada yang keratif namun kurang mendapat sokongan dari pemerintah. Sehingga pemerintah harus hadir mendorong tumbuhnya usaha yang lebih produktif,” tambahnya

Untuk menekan angka pengangguran, pasangan HYF AHMAD mendorong program Baubaupreneur sebagai salah satu alternatif untuk menekan angka pengangguran. Program ini menurutnya merupakan program penciptaan lapangan kerja secara terpadu dimulai dari pendampingan pembentukan usaha, kemudahan akses permodalan dengan bunga 0 persen, hingga fasilitasi dalam pengembangan kapasitas usaha.

“Program Baubaupreneur akan mendorong lahirnya 500 pengusaha kecil dan kreatif pertahun yang akan dilakukan secara terpadu dimulai dari pendampingan pembentukan usaha, kemudahan akses permodalan dengan bunga 0 persen, hingga fasilitasi dalam pengembangan kapasitas usaha,” beber pengusaha sukses ini.

Ketua DPC PPP Kota Baubau ini juga menambahkan dengan lahirnya pengusaha-pengusaha kecil dan kreatif itu tentu akan membutuhkan tenaga kerja dalam menopang aktivitas usahanya. Sehingga tentu akan menyerap tenaga kerja.

“Para pengusaha atau enterpreneur baru ini tentu akan membutuhkan tenaga kerja dalam menjalankan aktivitas usahanya. Artinya, akan ada lapangan pekerjaan baru yang terbuka bagi masyarakat,” tambahnya

Lebih lanjut Yusran menambahkan jika semua pengusaha kecil dan kreatif itu didampingi secara baik oleh pemerintah, maka aktivitas para pengusaha ini akan menjadi salah satu faktor penggerak roda perekonomian Kota Baubau.

“Jika semua usaha kecil kreatif baru itu tumbuh dan didampingi secara baik oleh pemerintah, maka aktivitas yang dilakukan oleh mereka bisa menjadi modal penggerak perputaran roda ekonomi di kota ini. Olehnya itu ke depan pemerintah harus hadir di tengah-tengah kehidupan masyarakat agar Baubau benar-benar menjadi kota yang sibuk, produktif, kreatif, dan bernilai ekonomis,” tutupnya. (p20)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top