Ilyas Tawarkan Solusi Kurangi Penggunaan Pasir Lokal – Butonpos
Suara Wakatobi

Ilyas Tawarkan Solusi Kurangi Penggunaan Pasir Lokal

ilyas abibu

BUTONPOS.COM, WAKATOBI – Meningkatnya penggunaan pasir lokal untuk pembangunan proyek daerah, baik jalan maupun infrastruktur lainnya, telah terjadi dihampir semua instansi Struktur Kerja Pemerintah Daerah (SKPD).

Akan tetapi pemerintah daerah Wakatobi terus berupaya melahirkan gagasan baru agar para penambang bisa dihentikan.

Berikut yang disampaikam Sekretaris Daerah Wakatobi, Muhammad Ilyas Abibu saat dikonfirmasi diruang kerjanya belum lama ini.

Menurut dia, solusi strategis mengontrol penggunaan pasir lokal dengan cara daerah harus siapkan perusahaan yang menyiapkan pasir dari daerah lain.

Sehingga masyarakat ataupun para kontraktor tidak lagi membeli pasir di luar perusahaan daerah. Dan cara tersebut juga mudah mengontrol proyek daerah jika menggunakan pasir lokal.

“Solusi yang memungkinkan adalah membentuk perusahaan daerah. Kemudian perusahaan daerah ini, kita kasih permodalan untuk beli pasir diluar. Sehingga ada stok di daerah kita ini. Dan bisa kito kontrol. Setiap perusahaan yang membangun di daerah kita izin, tinggal kita cek belinya dimana,” jelas Ilyas.

Menurut dia, kebijakan tersebut adalah salah satu solusi terbaik untuk mengurangi kegiatan penambangan pasir secara ilegal di daerah. Karena tanpa di kontrol, maka sulit mengendalikannya.

Apalagi lanjut Ilyas, secara ekonomi masyarakat tidak akan mampu membeli pasir diluar daerah secara sendiri-sendiri. Dengan alasan biaya yang mahal.

“Kita tidak bisa masing-masing disuruh cari pasir diluar sana. Karena biaya transportasinya sangat mahal sekali. Jadi ada yang harus menangani khusus masalah itu,” imbuhnya. (p10)

BERITA POPULER

To Top