Industri Sepatu Dalam Negeri Sedang Terpuruk – Buton Pos
Ekobis

Industri Sepatu Dalam Negeri Sedang Terpuruk

BUTONPOS.COM, SURABAYA – Bisnis sepatu di Jawa Timur hingga kuartal ketiga 2018 mengalami penurunan hingga 20 persen. Sementara itu, ekspor sepatu ke Eropa juga merosot 7-10 persen.

Ketua Asosiasi Persepatuan Indonesia Jawa Timur (Aprisindo Jatim) Winyoto Gunawan menjelaskan, banyak faktor yang mengakibatkan kelesuan di industri padat karya tersebut.

Mulai dari pelemahan rupiah terhadap dolar hingga kondisi pasar yang memang belum stabil. Akibatnya, daya beli masyarakat menurun.

“Kini banyak bahan baku produksi sepatu yang masih impor. Kalau rupiah melemah, otomatis harga bahan baku naik dan harga sepatu juga ikut terkerek. Sepatu dengan price normal saja sudah sepi, apalagi ditambah dengan peningkatan harga,” kata Winyoto.

Dia menilai rencana kenaikan upah minimum regional (UMR) di atas delapan persen pada 2019 juga berdampak terhadap industri sepatu.

Sebab, bisnis sepatu termasuk padat karya yang memiliki cukup banyak karyawan.

Bila setiap tahun industri sepatu menaikkan gaji karyawan, tentu pengusaha akan terbebani. Ditambah lagi pasar yang memang sedang sepi.

“Sebenarnya kami mengikuti aturan pemerintah. Hanya, pemerintah seharusnya mempertimbangkan dampak kebijakannya agar pabrik padat karya ini bisa tetap eksis,” tegas Winyoto. (car/c14/oki/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top