Ini Arah Kebijakan APBD Bombana 2018 – Buton Pos
Suara Bombana

Ini Arah Kebijakan APBD Bombana 2018

H Tafdil

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Bupati Bombana, H Tafdil menjelaskan realisasi penggunaan anggaran APBD 2018, akan didominasi oleh canangan program-program yang bersentuhan langsung kepada masyarakat.

Sebagai bukti, Ketua DPC PAN Bombana itu mengatakan porsi belanja barang dan jasa 2018, jauh lebih besar di banding belanja modal.

Indikasi itu menggambarkan bahwa, di periode keduanya, Tafdil ingin memperkuat realisasi program-program yang langsung dirasakan masyarakat. Diantaranya program pengentasan kemiskinan serta kiat menyejahterakan warga.

“Inilah yang akan jadi unsur pembeda. Artinya di periode pertama lalu (2011-2016 red.), saya dominankan infrastruktur. Sementara di periode kedua ini, lebih fokus  pada peningkatan kesejahteraan warga, khususnya warga miskin,” ujar Tafdil

Berdasarkan alokasi APBD tahun 2018, dari pendapatan sebesar Rp 843 miliar. Belanja barang dan jasa sebesar Rp 226 miliar, Sementara belanja modal Rp 145 miliar. Keduanya belanja itu, tergabung dalam     belanja langsung yang diplot sebesar Rp 389 miliar. Sisahnya, merupakan belanja pegawai Rp 17 miliar.

Meski begitu, suami Andi Nirwana Tafdil itu menjelaskan anggaran pembangunan infrastruktur bukan berarti dihilangkan. Namun porsinya, perlahan mulai dikurangi.

“APBD 2018 itu cerminan. Belanja barang dan jasa, jauh lebih besar dari belanja modal. Tujuannya, kita mulai memoles masyarakatnya. Infrastuktur bukan lagi dominan dalam lima tahun kedepan, namun sebagai tambahan atau sebagai perbaikan-perbaikan. Jadi, perlahan kurangi dana Infrastruktur. Dominankan sentuhan langsung,” paparnya

Sebelumnya, Tafdil mengatakan punya cara lain untuk anggaran pembangunan infrastruktur di Bombana. Salah satunya, dengan cara melakukan pinjaman daerah. Cara itu belum digunakan sejak memimpin Bombana 2011 lalu. Rencana pinjaman tersebut, kini dalam tahap penggodokan. (Dar)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top