Investor “Sedot” Pekerja, Pengangguran di Bombana Bakal Habis – Buton Pos
Suara Bombana

Investor “Sedot” Pekerja, Pengangguran di Bombana Bakal Habis

h tafdil

BUTONPOS.COM, BOMBANA – Bupati Bombana H Tafdil menaruh harapan positif atas kehadiran investor yang berinvestasi di wilayahnya. Banyak hikmah dapat dipetik, diantaranya terbukanya lapangan kerja, terserapnya tenaga kerja, mendongkrak putaran ekonomi hingga mengikis angka pengangguran.

Tafdil menjelaskan, kehadiran dua perusahaan raksasa di wilayah Kabupaten Bombana merupakan anugrah yang patut disyukuri. Banyak daerah lain yang ingin dan bahkan berebutan, namun para investor itu tetap memilih Bombana.

Dua perusahaan tersebut yakni, perusahan tebu dan pengalengan daging di Kecamatan Lantari Jaya. Serta semelster atau pabrik olahan nikel di Pulau Kabena, Kecamatan Kabaena Utara. Bahkan nilai investasi kedua perusahaan itu sudah mencapai triliunan rupiah.

“Dua perusahan ini bersungguh-sungguh berinvestasi di daerah kita. Mereka relah mengucurkan triliunan rupiah untuk membangun perusahaannya di Kabupaten Bombana. Tugas kita adalah menjaganya. Mari kita dukung bersama agar investor itu selalu betah berinvestasi di daerah kita,” kata Tafdil.

Ketua DPP PAN Bombana ini menilai, kehadiran dua perusahaan itu lebih banyak manfaatnya, ketimbang mudaratnya. “Efek dominonya itu cukup besar untuk masyarakat dan daerah. Saya hitung sederhana saja. Misalnya toko-toko, rumah kos, warung, air minum bersih dan lain sebagainya, itu bakal hadir dan tumbuh di Bombana. Itu baru salah satu efek kecilnya,” paparnya

Banyak pengangguran di Bambana akan terserap jadi pekerja di sana. “Contoh perusahaan tebu dan pengalengan daging itu, rencananya akan menyedot tenaga kerja sekitar 10.000 karyawan. Sementara pabrik smelter di Kabaena Utara itu, jika sudah sepuluh tungku yang dibuat bisa menyodot sekitar 2.500 karyawan. Kalau dihitung-hitung bisa habis semua pengangguran di Bombana ini,” tukasnya. (dar)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!