Janda Keciprat Bantuan UEP – Buton Pos
Suara Buton Selatan

Janda Keciprat Bantuan UEP

BANTUAN: Penyerahan bantuan UEP, Kube Karang Taruna di Kecamatan Siompu. IST

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Program Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yang digerakkan Dinas Sosial Buton Selatan (Busel) mendapat respon positif dari masayarakat. Program tersebut dianggap tepat sasaran karena sangat membantu masyarakat kecil.

Program tersebut telah tersebar di beberapa kecamatan di Busel. Berbagai titik telah menikmati hasil program tersebut. Kini program pemberdayaan dan penanganan kemiskinan kembali menyentuh masyarakat yang membutuhkan.

Seperti yang sudah dilakukan penyerahan secara simbolis Dinsos kepada penerima di beberapa kecamatan belakangan ini. Yakni seperti program keserasian sosial, kelompok usaha bersama (Kube) karang taruna, UEP, dan sejumlah program sosial lainya.

Kini giliran Kecamatan Siompu yang disambangi Pemkab Busel melalui Dinsos menyerahkan sejumlah bantuan UEP dari program pemberdayaan perempuan kepala keluarga.

Penyerahan sejumlah bantuan itu dipusatkan di Desa Lontoi. Yaitu Desa Lontoi dan Karae berupa bantuan bahan tenun, sedangkan di desa Biwinapada diserahkan bantuan bibit ternak kambing. Sementara untuk KUBE karang taruna di Desa Lontoi diserahkan bantuan perbengkelan.

Kadis Sosial Busel Kostantinus Bukide yang diwakili Sekdin Sosial Insanu mengatakan hendaknya bantuan UEP bagi perempuan kepala keluarga dan KUBE karang taruna dapat dikembangkan supaya menjadi penopang ekonomi keluarga.

Ia juga berharap program yang diserahkan Dinsos ini betul-betul dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga dapat membawa manfaat yang jangka panjang untuk ekonomi keluarga.

“Kami berharap bantuan ini betul-betul dimanfaatkan secara maksimal pengelolaanya. Begitupun KUBE karang taruna ini sehingga dapat meningkatkan penghasilan bagi kalian sebagai geerasi muda,” harapnya dalam sambutanya, Selasa (8/10).

Hal senada juga diungkapkan Camat Siompu Muhammad Tahir. Kata dia, bantuan itu diharapkan secara maksimal dikembangkan masyarakat sehingga dapat membawa kesejahtraan dan peningkatan ekonomi warga penerima bantuan.

“Alhamdullah Kecamatan Siompu selalu mendapatkan perhatian dari pimpinan daerah dalam hal ini Bupati Busel melalui program dari Dinsos khususnya. Kita berharap ada lagi program lain yang dikucurkan kedepanya,” harap mantan Sekdin Kominfo Busel ini.

Sementara itu terpisah Plt Kabid Pemberdayaan Sosial Dinsos Busel Haryadi mengaku penyaluran bantuan secepatnya akan dituntaskan. Mengingat sudah memasuki triwulan ke empat.

Kata dia untuk mendapatkan bantuan itu para penerima harus memenuhi syarat sesuai ketentuan peraturan berlaku. Yakni untuk EUP perempuan kepala keluarga harus memiliki syarat. Perempuan sebagai pencari nafkah atau janda dan kategori kurang mampu.

Usia produktif dan tidak melebihi umur 58 tahun. Calon penerima bantuan harus terdaftar dalam basis data terpadu (BDT). Diutamakan yang telah memiliki embrio usaha.

“Mengajukan proposal, sesuai sumberdaya yang dimiliki. Dan melihat peluang usaha masing-masih wilayah. Persyaratan itulah yang harus dipenuhi oleh calon penerima bantuan UEP perempuan kepala keluarga,” tambah Haryadi didampingi Kasi Penanganan Kemiskinan Nur Hardianti dan Rosmiati Baso.

Turut andil hadir menyaksikan penyerahan bantuan ini para kepala desa wilayah Siompu, Parabela, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda setempat. (aga)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top