Jelang PSU Bombana, KPU Kembali Buka Kotak Suara – Buton Pos
Politik

Jelang PSU Bombana, KPU Kembali Buka Kotak Suara

BUKA KOTAK SUARA: Para komisioner KPU, Panwas Bombana serta LO Paslon berpose bersama sesaat sebelum pembukaan kotak suara untuk 7 TPS, Selasa (9/5) lalu

BUTONPOS.COM, BOMBANA – KPU Kabupten Bombana kembali membuka kotak suara hasil Pilkada Bombana 15 Februari lalu. Pembukaan dilakukan Selasa (9/5) lalu dan diijaga ketat aparat kepolisian.

Komisioner KPU Bombana, Andi Usman mengatakan pembukaan kotak suara itu, untuk mengambil data sebagai bahan acuan menggelar Pemungutan Suara Ulang di tujuh TPS sebagaimana perintah Mahkamah Konstitusi (MK). “Kami harus buka kotak karena data itu ada di dalam kotak suara di tujuh TPS itu,” jelasnya.

Data yang diambil itu diantaranya, Daftar Rekap form model C7 KWK atau daftar pemilih yang menyalurkan hak suaranya pada Pilkada 15 Februari lalu, serta data Form Model ATb-KWK atau daftar pemilih yang menggunakan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) 1, DPTb 2 serta Daftar Pemilih Pindahan (DPPh).

Sementara ke tujuh TPS yang dibuka kotak suaranya itu yakni, TPS 1 Desa Hukaea, Kecamatan Rarowatu Utara, TPS 2 Desa Lantari Kecamatan Lantari Jaya, TPS 2 Desa Tahi Ite Kecamatan Rarowatu, serta empat TPS di Kecamatan Poleang Tenggara, masing-masing TPS 1 dan TPS 2 Desa Marampuka, TPS 1 Desa Lamoare dan TPS 1 Desa Lemo (Lareete)

Pembukan Kotak suara tersebut ikut disaksikan pula oleh dua LO Pasangan Calon, pihak Panwas Kabupaten Bombana, lima anggota komisioner serta unsur TNI/ Kepolisian. “Sebelum PSU itu kan terlebih dahulu KPU melakukan validasi data pemilih lagi. Makanya kami buka kotak untuk mengambil data sebelumnya itu (data pemilih saat Pilkada 15 Februari lalu) untuk tujuh TPS itu,” terang Andi Usman.

Pembukaan kotak suara oleh pihak KPU Bombana ini merupakan yang kedua kalinya pasca penetapan hasil rekapan hasil Pilkada Bombana 23 Februari lalu. Sebelumnya pembukaan kotak terjadi saat KPU mengambil bahan untuk keperluan sidang di MK April lalu.

Sementara itu, seperti dilansir dari berita kota kendari (Fajar Grup), jadwal pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Bombana dimajukan satu hari dari jadwal yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU). Perubahan jadwal pencoblosan ini berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 34/PHP.BUP-XV/2017.

Sebelumnya, KPU Bombana sebagai penyelenggara Pemilu menetapkan jadwal PSU di tujuh TPS, Rabu (31/5). Namun, jadwal tersebut dimajukan satu hari tepatnya, Selasa (30/5) mendatang.

KPU Bombana kemudian juga menetapkan jadwal tersebut berdasarkan surat edaran bernomor 347/KPU/2017 perihal pelaksanaan putusan MK Nomor 34/PHP.BUP-XV/2017 tertanggal 5 Mei 2017.

“Jadwal ini sudah kita tetapkan, dalam keputusan KPU Bombana nomor 11/HK.03.1-Kpt/7406/KPU-Kab/V/2017 tentang tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan PSU ditujuh TPS pasca putusan MK,” kata Ketua KPU Bombana, Arisman, Senin (8/5).

Menurutnya, seluruh tahapan pelaksanaan PSU ini telah dijadwal mulai dari perencanaan program dan anggaran, hingga penyampaian laporan pelaksanaan PSU ke KPU Provinsi dan MK.

Prev1 of 2

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!