JKN-KIS Harapan Baru Masyarakat Busel – Butonpos
Kesehatan

JKN-KIS Harapan Baru Masyarakat Busel

PJ Bupati Busel, Ilah Ladmay bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau,Tutus Novita Dewi menandatangani nota kerjasama

BUTONPOS.COM, BATAUGA – PJ Bupati Buton Selatan Dr Ir H OMN Ilah Ladmay, MS melakukan penandatanganan Perjanjian Kerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Senin (20 /3/17). MoU itu dalam rangka mengintegrasikan masyarakatnya sebanyak 1.526 jiwa ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional.

Kegiatan ini dilaksanakan di gedung Lamaindo yang dirangkaikan dengan kegiatan Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Buton Selatan Tahun Anggaran 2018 yang dihadiri oleh para kepala SKPD dan Kabag.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Baubau, Tutus Novita Dewi MKes Apt AAK mengatakan dukungan pemerintah daerah terhadap perlindungan atas hak jaminan sosial terhadap masyarakatnya juga telah dilakukan oleh Pemda di enam Kabupaten/Kota di Wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Baubau.

Sebut saja Kota Baubau, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Utara, Kabupaten Wakatobi, dan Kabupaten Muna yang telah mengintegrasikan sebagian masyarakatnya menjadi peserta JKN-KIS dan iurannya dibayarkan oleh Pemda menggunakan anggaran APBD.

Kata Tutus, seluruh masyarakat yang didaftarkan oleh pemerintah daerah dan telah menerima kartu JKN-KIS mendapatkan pelayanan sesuai dengan manfaat dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional dan ruang lingkup pemberian manfaat atau pelayanan kesehatan mengacu pada Peraturan Perundangan yang berlaku dan hak kelas perawatan rawat inap bagi masyarakat yang didaftarkan oleh pemerintah daerah di Faskes Tingkat Lanjut adalah kelas tiga.

“Langkah pemerintah daerah mengintegrasikan masyarakatnya menjadi peserta JKN-KIS merupakan salah satu upaya dalam menerapkan prinsip berbasis gotong royong sesuai UU Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional,” tutur Tutus melalui pres releasenya kepada butonpos.com, Selasa (21/3/17).

Tutus juga mengapresiasi langkah Pemda Busel yang telah melakukan keberlanjutan Program Jaminan Kesehatan Nasional.

“Dengan diintegrasikannya masyarakat menjadi peserta JKN-KIS yang iurannya dibayarkan dari APBD Kabupaten Buton Selatan ini membawa kita selangkah lebih maju mencapai Universal Health Coverage yang diharapkan dapat terwujud pada 1 Januari 2019 mendatang. Ibarat sebuah Pondasi, peran Pemerintah Daerah sangatlah penting untuk merealisasikan cita-cita Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tersebut,” tukasnya. (rud)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top