Jokowi Tegaskan Moratorium DOB Masih Berlaku. Kepton Menunggu ! – Butonpos
Metro Baubau

Jokowi Tegaskan Moratorium DOB Masih Berlaku. Kepton Menunggu !

JOKOWI

BUTONPOS.COM, KALTARA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan hingga saat ini moratorium Daerah Otonomi Baru (DOB) masih berlaku.

Itu disampaikan Presiden menjawab wartawan yang menanyakan tentang usulan DOB sejumlah daerah di Kaltara, saat kunjungan kerja ke daerah itu pada Jumat (6/10).

“Sampai saat ini masih moratorium, tetapi usulan-usulan dari daerah semuanya ditampung. Sudah kita petakan untuk ditampung terlebih dahulu karena menyangkut APBN,” ujar Jokowi.

Pemerintah harus betul-betul menghitung kemampuang keuangan negara sebelum mencabut status moratorium pemekaran. Sebab, ketika ada DOB, otomatis perlu dukungan anggaran.

“Kan mau tidak mau kalau ada daerah otonomi baru mesti suplai anggarannya dari pusat,” terang mantan wali kota Surakarta.

Apalagi dalam pengajuan usulan DOB, selain Kaltara yang mengusulkan pemekaran 3 kabupaten dan 2 kota, ada banyak daerah lain yang juga memasukkan aspirasinya ke pemerintah pusat.

“Total seingat saya ada hampir 276 (usulan), banyak sekali. Jadi sekali satu diberi, yang lain pasti ngejar-ngejar. Ini masih semuanya ditampung, dihitung, kemungkinan dari APBN, kemungkinan daerah itu bisa membiayai sendiri,” tambahnya.(fat/jpnn)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top