Juli, Wings Air Mulai Aktif Beroperasi di Bandara Sugimanuru – Butonpos
Suara Muna

Juli, Wings Air Mulai Aktif Beroperasi di Bandara Sugimanuru

pesawat wing air mendarat di bandara sugimanuru

BUTONPOS.COM, MUBAR – Sukses melakukan ujicoba penerbangan pada Aprul lalu, Wings Air sudah memantapkan komitmen untuk melayani penerbangan melalui Bandar Udara (Bandara) Sugimanuru, Muna Barat (Mubar). Awal Juli nanti, maskapai Wings Ait ATR 72-500/600, direncanakan mulai melayani penerbangan rute Mubar-Makassar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Mubar, La Ode Hanafi mengatakan, kepastian jadwal penerbangan tersebut setelah mendapatkan ijin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Jadi mulai awal Juli, Wings Air ATR 72-500/600 yang melakukan ujicoba pada Mei lalu, sudah akan aktif beroperasi di Bandara Sugimanuru.

“Saya sudah dapat informasi dari pihak maskapai bahwa awal Juli nanti, pesawat Wings Air sudah akan melayani penerbangan untuk Bandara Sugimanuru, dengan tujuan Makassar,”ungkapnya.

Pendaratan awal Juli itu, tentu akan menjadi pendaratan perdana bagi Wings Air. Pihak maskapi juga nanti akan melakukan sosialisasi terkait pembukaan jalur penerbangan baru bagi masyarakat Muna dan Mubar.

“Pendaratan pertama itu nantinya akan dihadiri dengan pihak maskapai. Mereka akan melakukan sosialisasi pembukaan jalur penerbangan. Dari Kementrian juga mengatakan ijin terbang itu secepatnya akan diselesaikan,” ujarnya.

Secara teknis, La Ode Hanafi, tidak mengetahui apa yang akan dilakukan pihak maskapi saat pendaratan perdana yang dirangkai dengan sosialisasi. Jelasnya, akan ada kegiatan dari pihak maskapi pada saat pendaratan perdana itu.

Sebelumnya, kepala Bandara Sugimanuru Moh. Sabu menjelaskan, pada prinsipnya pihak bandara siap melayani pendaratan kepal terbang. Pihak Kemenhub sudah memverifikasi kelayakan operasi bandara tersebut. “Begitu juga keselamatan penerbangan serta teknologi digital sudah siap,”kata, Moh. Sabu.

Fasilitas yang sudah dimiliki adalah ekstril, mobil pemadam, dan ambulans.  Begitu juga nafigasi sudah ada alat koneting dengan pilot kapal. “Khusus Sumber Daya Manusia (SDM), saya sudah mendidik beberapa tenaga ahli, yang sudah siap melayani pendaratan dan penerbangan,”tukasnya.

Menurutnya, selama ini bandar udara Sugimanuru tidak pernah didarati kapal sebesar ini Wings Air tersebut. Sebelumnya, kapal yang mendarat hanya muatan 18 seat. Kapal terbang yang akan beroperasi ini muatan 70 seat.

“Nantinya akan melayani tiga kabupaten yaitu Mubar, Muna, dan Buton Tengah (Buteng). Dulu ada kapal juga yang mendarat, tetapi hanya muatan 18 orang. Kemudian masyarakat kita banyak yang tidak berminat. Mudah-mudahan kedepan sudah banyak penumpang,”terangnya. (p5)

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />

Copyright © 2016 Butonpos

To Top