Kades Ee Rinere Usul Ketua BPD Diberhentikan – Buton Pos
Suara Butur

Kades Ee Rinere Usul Ketua BPD Diberhentikan

ILUSTRASI

BUTONPOS.COM, BURANGA – Kepala Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Ee Rinere, Kecamatan Kulisusu Utara, Kabupaten Buton Utara (Butur) Ali Janatin, dianggap tidak pantas untuk menjabat sebagian kepala BPD desa setempat.

Hal itu menyusul adanya surat Kepala Desa Ee Rinere, Hasrin dengan nomor 140/12/2018 tanggal 28 Januari 2018 yang mengusulkan Kepala BPD Desa Ee rinere Ali Janatin, untuk diberhentikan.

Dalam usulan Kades tersebut, dijelaskan Ali Janatin dianggap sudah tidak pantas lagi untuk menjabat sebagai Kepala BPD, karena telah melanggar ketentuan UU Nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

Diuraikan Hasrin, berdasarkan Pasal 64 huruf h tentang larangan bahwa anggota BPD dilarang menjadi pengurus partai. Sementara saat ini, Ali Janatin masih menjabat sebagai Ketua DPC PKS di Butur.

“Jadi sederhana saja. Inilah alasan saya kenapa saya harus mengusulkan untuk diberhentikan kepada pak Bupati,” singkat Kades Ee Rinere, Hasrin.

Terpisah, Ketua BPD Ee Rinere, Ali Janatin mengungkapkan bahwa dirinya berpegang pada apa yang menjadi suara masyarakat. Menurutnya, masyarakat masih mempercayai dirinya untuk menjabat sebagai Ketua BPD desa tersebut.

“Sekalipun ada surat usulan, tapi masyarakat masih mempercayakan saya untuk menjadi anggota dewan di desa itu,” ungkap Ali Janatin melalui pesan Messenger-nya, Jumat (9/2).

“Saya hanya mau mengatakan UU Desa Nomor 6 ditetapkan tahun 2014, sementara saya jadi anggota BPD tahun 2013 lalu,” tambah dia.

Ia pun membenarkan, usulan pengunduran dirinya berkaitan dengan terbongkarnya kasus dugaan penggelapan dana untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang bersumber dari Anggaran Dana Desa tahun 2017 sebesar Rp 236 juta. Diduga dilakukan oleh Kades Ee Rinere.

“Ia benar, karena saya bongkar kasus itu, masyarakat akan melaporkan kasus tersebut ke pihak kepolisian,” tandas dia. (m7)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top