Kades Jangan Monoton Bangun Infrastruktur – Buton Pos
Suara Sultra

Kades Jangan Monoton Bangun Infrastruktur

BUTONPOS.COM, KONAWE KEPULAUAN – Aparat desa se Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) diminta tidak monoton untuk membangun infrastruktur desa. Sebaliknya, dengan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat melalui APBN, pemerintah desa juga harus melihat program kesinambungan perekonomian dan kesejatraan masyarakat.

Anggota Komisi XI DPR RI, MZ Amirul Tamim mengungkapkan penggunaan dana desa sangat diharapkan untuk memberikan kemajuan pembangunan desa dan kesejahteraan ekonomi masyarakat di desa. Oleh karena itu, dalam perumusan program pengelolaan dana desa harus melibatkan semua aparat desa dan masyarakat agar hasilnya lebih efektif.

“Saya berharap dana desa tersebut benar-benar dipergunakan dengan baik, pengelolaannya melibatkan semua aparat dan masyarakat sehingga hasilnya betul-betul maksimal,” kata Amirul ketika menghadiri sosialisasi peran dan fungsi BPK dalam melakukan pengawasan pengelolaan dana desa yang berlangsung di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Konkep, H Amrullah, Jumat (15/3).

Menurut Amirul, tujuan pemerintah pusat memberikan dana desa adalah untuk mensejahterakan masyarakat desa. “Jadi dalam dana desa itu tidak boleh ada masyarakat yang tidak sejahtera, ini harus dipikirkan ke depan,” imbuhnya.

Sementara itu, Anggota BPK RI, Harry Azhar Azis mengatakan, indikator keberhasilan kepala desa (Kades) dalam melaksanaan pembangunan desa, apabila masyarakat desa tersebut telah merasakan kesejahteraan. Sebaliknya, jika masih ada masyarakat yang hidup miskin, itu menunjukan bahwa Kades tak berhasil melakukan perubahan pembangunan desa.

“Kalau masih terjadi ada masyarakat yang miskin di desa tersebut, bukti bahwa kepala desa tak berhasil melakukan pembangunan desa. Itu indikatornya,” tegas Harry Azhar Azis. (p4)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top