Kantongi SK Kemenristekdikti, USN Kolaka Operasikan Kampus B di Buteng – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Kantongi SK Kemenristekdikti, USN Kolaka Operasikan Kampus B di Buteng

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Tahun ini (2019), Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), akan mengoperasikan pembukaan kampus B di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) untuk menampung lulusan SMA di Kepulauan Buton dan Kepulauan Muna.

Pembukaan Kampus B yang merupakan Cabang USN Kolaka ini dioperasikan setelah mengantongi Surat Keputusan (SK) No. B/252/A4.1.3/HK.01.01/2019 berdasarkan salinan keputusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) No,56/M/KPT/2019 yang ditandatanagni langsung Menristekdikti Prof H Mohamad Nasir.

SK Menristekdikti tersebut diserahkan Kepala Biro Hukum dan Organissi Kemenristekdikti, Ani Nurdiani Azizah SH MSi kepada Rektor USN Kolaka Dr Azhari, disaksikan Bupati Buteng H Samahuddin dan Ketua DPRD Buteng Adam di aula Kantor Camat Mawasangka, Senin (25/2/2019).

“Setelah mendapatkan SK dari Kemenristekdikti ini, maka Kampus USN di Kabupaten Buteng akan kita buka dan operasikan tahun ini untuk menerima mahasiswa baru,” ungkap Rektor USN Kolaka Dr Azhari.

Jurusan yang akan dibuka nanti yakni Diploma IV Keperawatan, Perikanan, dan Peternakan. Selanjutnya akan diusulkan lagi pembukaan jurusan atau program studi Teknik Perkapalan, Teknik Kelautan, dan Teknik Perikanan.

“Insya Allah akan banyak kita buka jurusan di Buteng ini yang tidak ada di USN Kolaka. Kita berdoa saja agar semuanya berjalan dengan baik menjadi universitas kebanggan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) anak-anak kita di Pulau Buton dan Muna,” tukasnya.

Untuk tenaga pengajar atau dosen, putera Buteng asal Kecamatan Mawasangka ini mengaku sudah disiapkan dengan baik. “Tahun ini kita menerima dosen pegawai negeri 115 orang dan dosen PPPK 55 orang,” jelas Rektor termuda di Indonesia ini.

Sebelumnya, dalam sambutannya Azhari menyampaikan untuk sementara kampus yang akan dipakai untuk proses perkuliahan menggunakan bekas Puskesmas Kecamatan Mawasangka yang lama di Kelurahan Mawasangka. Sembari membangun kampus di atas lahan seluas 100 hektar lebih yang sudah dihibahkan masyarakat agar bisa menjadi Univeristas Negeri yang bisa berdiri sendiri nantinya.

“Mudah-mudahan dengan dukungan semua masyarakat, akademisi, dan pemerintah daerah Kampus B USN Kolaka di Buteng ini bisa menjadi universitas negeri sendiri di Kepulauan Buton dan Muna dengan nama Universitas Buton Muna (UBM) di Mawasangka,” harapnya.

Dengan hadirnya Kampus B USN Kolaka di Buteng ini, tidak ada lagi alasan anak-anak miskin tidak kuliah. “Kalau mereka yang miskin SPP-nya Rp 500 ribu. Kalau yatim piatu kita akan bantu dengan bea siswa melalui bidik misi. Nanti tanyakan persyaratannya di tempat pendaftaran di bekas Puskesmas Mawasangka,” jelasnya.

Pria yang sukses membawa USN Kolaka dari yayasan, perguruan tinggi swasta, hingga menjadi universitas negeri meminta khusus kepada Bupati Buteng H Samahuddin untuk membangun jalan menuju Kampus B tahun 2019 ini. “Pak bupati tidak perlu repot-repot lagi siapkan bea siswa melalui APBD, cukup buatkan kita jalan mulus saja menuju kampus,” pintanya.

Menanggapi permintaan Rektor USN tersebut, Bupati Buteng H Samahuddin mengatakan sebelum diminta untuk untuk membuatkan jalan menuju kampus dirinya sudah memikirkannya duluan. “Yang penting ada kampus disitu, saya akan kejar dengan jalan. Bukan kampus yang susah payah mencari jalan. Jalannya nanti kita bukakan dengan lebar 15 meter dan kita aspalkan tahun ini juga,” tandasnya.

Hal ini dilakukan pemerintah daerah sebagai bentuk dukungan dan kesyukuran akan hadirnya perguruan tinggi di Kabupaten Buteng. “Sudah ini yang saya tunggu-tunggu dan sebagai putra daerah sangat mendukung sekali bila ada putra daerah lainnya yang mau membangun dan memikirkan kemajuan Kabupaten Buteng yang berkah ini,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Biro Hukum dan Organisasi Kemenristekdikti, Ani Nurdiani Azizah mengaku pengusulan pendirian Kampus B USN Kolaka di Buteng ini sudah lama berproses dimulai dari penyampaian lisan Dr Azhari hingga pengajuannya secara tertulis di Kemenristekdikti.

“Sesungguhnya pembukaan Kampus B seperti ini masih moratorium, tapi karena kita melihat Mawasangka ini merupakan daerah perbatasan dan terluar sehingga mendapat kebijakan khusus untuk peningkatan akses penyelenggaraan perguruan tinggi,” tuturnya.

Ani Nurdiani mengucapkan terima kasih atas penyambutan pihak USN Kolaka bersama Pemkab Buteng. Dirinya bersama rombongan biasanya cukup memberikan SK kepada rektor cukup di kampusnya saja antara kedua belah pihak.

“Ini baru pertama kalinya terlibat langsung dengan pemerintah daerahnya. Berarti ini membuktikan dukungan pemerintah daerah terhadap hadirnya Kampus B USN Kolaka di Kabupaten Buteng ini cukup besar,” tutupnya.(uzi)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top