Kantor Karantina Baubau Gagalkan Pengiriman Kerang Ilegal – Buton Pos
Metro Baubau

Kantor Karantina Baubau Gagalkan Pengiriman Kerang Ilegal

Kepala Kantor karantina Baubau Arsal sedang memegang jenis kerang yang dilindungi. FOTO: DARMONO/BUTONPOS

BUTONPOS.COM, BAUBAU- Kantor Karantina menggalkan pengiriman kerang ilegal dan telah dilindungi, penggangalan pengiriman kerang tersebut dilakukan pada saat Tim Karantina sedang melakukan pengawasan pengiriman barang di Bandara Betoambari, senin (4/6).

“Jadi pada hari ini tanggal 4 Juni, petugas kami dari tim pengawasan melakukan penahanan terhadap komoditi perikanan yang dilindungi yaitu berupa kerang,” ujar Arsal.

Kepala Kantor Karantina Baubau Arsal mengatakan, ini sudah diatur pada konfeksi standar Internasional dalam istilah Pd-1 Sedes . PD-1 Sedes adalah salah satu komoditi laut yang dilindungi dan tidak bisa ditangkap serta diperdagangkan kecuali afinis dua atau sudah diatur dalam ketentuan yang berlaku dan perundangan atau kebijakan.

” Diantara empat keong yang kita amankan adalah Keong Kepala Kambing (Cassis Cormuta), Kima (Tridassa Spp), Lola (Trocus Niloticus), Kerang Terompet (Tritan),” bebernya.

Sambungnya, memang pada hari ini pihaknya telah menggalkan pengiriman Kerang yang dilindungi, namun akan berkomunikasi dahulu dengan pihak KSDA. Ketika ditanyakan tentang penegakan hukum terhadap oknum yang melakukan pengiriman kerang, Kepala Karantin Baubau Arsal menjelaskan saat ini hanya memberikan teguran terlebih dahulu.

” kami hanya pemberikan teguran dan sosialisasi terhadap oknum yang melakukan pengiriman kerang tersebut, karena ternyata oknum yang mengirim tidak tahu menahu mengenai mana kerang yang dilindungi dan yang tidak dilindungi,” pungkasnya. (m4/ls)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top