Kelanjutan Aspal Hotmix Lombe-Tolandona Dianggarkan Rp 11 Miliar – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Kelanjutan Aspal Hotmix Lombe-Tolandona Dianggarkan Rp 11 Miliar

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Pemkab Buteng) mengucurkan anggaran Rp 11 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019 untuk kelanjutan pengaspalan Hotmix jalan poros Lombe-Tolandona yang belum tuntas 2018.

“Tahun ini (2019), pengaspalan jalan Lombe-Tolandona kita tuntaskan sampai di Tolandona. Anggarannya kita siapkan Rp 11 miliar,” ungkap Bupati Buteng H Samahuddin saat berkunjung di Desa Baruta Lestari, Kecamatan Sangia Wambulu, beberapa waktu lalu.

Maka itu, bupati menghimbau kepada masyarakat untuk mendukung pengaspalan jalan tersebut dan meminta keikhlasannya bila ada pagarnya yang terkena pelebaran jalan. “Nanti pagar yang dirubuhkan tersebut akan diganti pemerintah dengan pagar seragam melalui Alokasi Dana Desa (ADD) seperti yang sudah dilakukan di kecamatan lainnya,” tukasnya.

Untuk diketahui, jalan poros Lombe-Tolandona ini kurang lebih sepanjang 18 kilo meter. 2018 lalu dianggarkan Rp 36 miliar dengan hitungan langsung tuntas bila menggunakan aspal spesifikasi ready mix asphalt (RMA) dengan lebar rata-rata enam meter.

Setelah bupati mempertimbangkannya lagi, jenis aspal RMA tersebut hanya bisa bertahan satu sampai dua tahun sudah rusak dan akhirnya dianggarkan lagi untuk perawatan atau perbaikannya. “Lebih baik kita aspal Hotmix saja. Memang mahal di awal pengaspalannya, tapi kita menang di lama pemakaiannya,” ungkap Samahuddin diawal pengaspalan hotmix Lombe-Tolandona 2018 lalu.

Akhirnya, dirinya memutuskan untuk diaspal Hotmix saja dan supaya tidak tanggung-tanggung lebar jalan pun ditambah 10 meter dari perencanaan awal hanya enam meter saja. Sehingga dengan perubahan tersebut, pengaspalan dengan anggaran Rp 36 miliar tidak sampai lagi ke Tolandona dan hanya mentok melewati Desa Kamama.

Tersisa sekitar kurang lebih lima kilomter lagi untuk sampai tuntas ke titik finish Tolandona. Sehingga dengan anggaran Rp 11 miliar tersebut, dianggap cukup untuk menuntaskan pengaspalan Hotmix jalan poros Lombe-Tolandona 2019 ini.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top