Kembangkan Jagung di Buteng, Bupati Siapkan Lahan APL 3.000 Hektar – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Kembangkan Jagung di Buteng, Bupati Siapkan Lahan APL 3.000 Hektar

Bupati Buteng, H Samahuddin dan Sekab La Ode Hasimin berpose bersama petani di lahan kebun jagung Desa Polindu, Kecamatan Mawasangka

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Diundang pesta panen jagung di Desa Tanailandu dan Desa Polindu, Kecamatan Mawasangka, Bupati Buton Tengah (Buteng) H Samahuddin turun langsung meninjau lahan jagung yang ditanam para petani setempat, Senin (15/1).

Mula-mula bupati yang turut didampungi Sekab La Ode Hasimin dan anggota DPRD Kadir Teme, Camat Mawasangka Erika Anzarsari, Danramil Mawasangka Kapten Inf Didy Arman, Kapolsek Mawasangka Iptu Panawi, bersama para Kepala SKPD, menghadiri undangan pesta panen di kediaman Kepala Desa (Kades) Tanailandu.
Selanjutnya rombongan diundang lagi dengan acara yang sama ke perkebunan jagung masyarakat Desa Polindu di kawasan Areal Penggunaan Lain (APL) atau areal bukan kawasan hutan.

Lahan APL yang sudah dibuka dan dimanfaatkan masyarakat Desa Polindu tersebut untuk menanam jagung hibrida baru sekitar 19,5 hektar. Selain itu, Desa Tanailandu, Desa Waburense, dan Desa Kanapa-napa sebagai kawasan basis pertanian juga memanfaatkannya.

“Setelah saya melihat langsung perkebunan jagungnya, rupanya hasilnya cukup bagus. Pemerintah daerah akan memperhatikan petaninya dan mendorong mereka untuk terus mengembangkan tanaman jagung mereka,” ungkap Samahuddin.

Untuk mendukung pengembangan tanaman jagung ini, kata dia, Pemkab Buteng menyiapkan potensi lahan seluas 3.000 hektar dalam kawasan APL. “Pesta panen hari ini merupakan hasil perdana dari jagung yang mereka sudah tanam,” terangnya.

Selain dukungan lahan, bupati juga akan terus membuka akses jalan tani untuk memudahkan para petani memasarkan hasil-hasil pertaniannya. Utamanya kawasan basis pertanian di Kecamatan Mawasangka seperti Desa Tanailandu, Polindu, Waburense, dan Kanapa-napa.

“Saya akan kembangkan dengan baik sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Buteng ini bersama sektor unggulan lainnya seperti Perikanan dan Pariwisata,” pungkasnya.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top