Kemendagri Sebut Pembangunan Konkep Masih Tertinggal – Butonpos
Suara Sultra

Kemendagri Sebut Pembangunan Konkep Masih Tertinggal

KUNJUNGAN kerja Tim evaluasi penyelenggaraan Pemerintah Daerah Otonomi Baru Kemendagri di Kabupaten Konawe Kepulauan

BUTONPOS.COM, LANGARA – Meski Bupati Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), H Amrullah dan Wakil Bupati Andi Muhamad Lutfi telah melakukan banyak terobosan pembangunan, tapi pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri belum melihat hal itu sebagai langkah maju dalam mewujudkan pembangunan daerah.

Pasalnya, hasil evaluasi tim Kemendagri terkait perubahan pembangunan yang dicapai 17 daerah otonomi baru di Indonesia, Konkep masih menduduki peringkat ke 16 kategori daerah yang dianggap belum maksimal melakukan penyesuaian pembangunan pasca terbentuknya menjadi DOB.

Diantaranya, pembangunan infrastruktur pelayanan dasar, administrasi pelaporan, serta komponen penunjang lainnya yang berhubungan dengan masalah hibah dan aset daerah. Atas kondisi tersebut, pihak Kemendagri berharap Konkep kedepan dapat bekerja keras agar dapat maju lebih baik dimasa mendatang.

Hal itu diungkapkan ketua tim rombongan Kemendagri, Slamet Endarto saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Konkep kemarin.

Dikatakan, Slamet Edarto, pihaknya belum melihat kemajuan Konkep secara signifikan. Ia mengatakan, Pemda Konkep perlu melihat banyak pengalaman dari kemajuan daerah otonomi baru yang lain, yang sudah berkembang seperti Kabupaten di Pulau Taliabu dan Sumatera.

Dijelaskan Slamet, kedua daerah tersebut mendapat predikat daerah terbaik se-Indonesia, karena dianggap sukses melaksanakan pembangunan dan merealiasikan anggaran secara maksimal.

Secara spesifik untuk bahan perbandingan kemajuan daerah tersebut memiliki tingkat motivasi yang berbeda. Dimana Kabupaten Taliabu lebih mengutamakan pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana pelayanan dasar dibanding melakukan pengadaan kendaraan dinas khususnya roda empat, sedangkan di Sumatera pemerintah tidak diberikan beban melakukan ganti rugi lahan masyarakat baik peruntukan pembangunan sarana perkantoran maupun akses jalan.

Hal demikian menurut Slamet Endarto, Pemda dan masyarakat Konkep perlu memacu pembangunan dengan melihat berbagai kemajuan daerah lainya.

“Saya rasa Konkep ini bisa maju apabila semua pihak mau kompak seperti daerah lainnya. Pola demikian kedepan kita optimis daerah akan cepat berkembang, asal tercipta kebersamaan,” tandas Slamet.

Kendati Konkep belum berhasil maksimal, Slamet Edarto optimis kedepan Konkep dapat lebih maju bila Pemda setempat lebih proaktif dan kreatif melakukan terobosan percepatan pembangunan.

“Kendati saat ini kita lihat Konkep masih jauh sangat tertinggal dibanding daerah lainnnya, namun kedepan saya optimis bisa lebih maju apabila terus berpacu melakukan kreatifitas melakukan perubahan pembangunan,” katanya penuh rasa optimis.

Prev1 of 2

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />

Copyright © 2016 Butonpos

To Top