Kepala BKPSDM Buteng Launching Program Aplikasi e-Simpeg – Buton Pos
Suara Buton Tengah

Kepala BKPSDM Buteng Launching Program Aplikasi e-Simpeg

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Samrin Saerani, melaunching program aplikasi sistem informasi manajemen kepegawaian berbasis online (e-Simpeg) untuk memudahkan penelusuran data Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Buteng.

Launching e-Simpeg BKPSDM Buteng tersebut dilakukan bersamaan dengan bimbingan teknis (Bimtek) pengukuran indeks profesionalitas ASN lingkup Pemkab Buteng di Hotel Findi Lakudo, Rabu (31/10).

“Dalam aplikasi e-Simpeg ini, akan termuat rangkaian informasi dan data mengenai ASN lingkup Pemkab Buteng yang disusun secara sistematis dan terintegrasi dalam proses pengangkatan pangkat, pemberhentian dan pemindahan, serta pensiunan,” ungkap Samrin.

Pria asal Kecamatan Mawasangka Tengah (Masteng) ini menambahkan, data yang dimuat masing-masing ASN dalam e-Simpeg tersebutmulai dari nama, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan, tahun menjadi CPNS dan mendapatkan NIP, data keluarga, pangkat terakhir, jabatan terakhir, hingga diklat-diklat yang diikuti.

“Sistem yang ada dalam aplikasi e-Simpeg ini sangat membantu meringankan kerja pemerintah dan ASN itu sendiri. Misalkan pengusulan kenaikan pangkat, ASN tidak perlu repot-repot mengurus kenaikan pangkatnya. Tinggal BKPSDM bersurat ke instansinya bahwa pegawai A, B atau C sudah bisa naik pangkat pada periode ini. Mereka tidak perlu lagi setor berkas, karena sudah ada datanya di BKPSDM,” jelas Samrin.

Begitu pula dengan ASN yang akan pensiun, tahun mendatang sudah bisa diketahui dinas apa yang ASN-nya akan pensiun. Mereka juga tidak perlu setor berkas, karena datanya sudah ada di BKPSDM dan tinggal menerima Surat Keputusan (SK) pensiunnya.

Samrin menuturkan, pasca launching aplikasi e-Simpeg ini pihaknya akan melengkapi data seluruh ASN lingkup Pemkab Buteng. Sebab, BKPSDM tidak bisa mengembangkan data pegawai kalau tidak lengkap datanya. Kelengkapan data tersebut kemudian dimasukan dalam aplikasi e-Simpeg dan setelah itu dikonekan di jaringan internet.

“Kalau sudah dikonekan di internet, dimanapun bisa dibuka. Tinggal memasukan NIP, maka langsung terbuka keseluruhan data ASN tersebut,” pungkasnya.

Launching e-Simpeg tersebut langsung dipraktekan pada salah seorang ASN. Setelah diberikan akunnya dan dikonekan dengan server melalui jaringan Local Area Network (LAN), kemudian dimasukan NIP-nya dan diketahui ASN tersebut ada datanya.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top