Ketua Dekranas Sultra Harap Galeri Tenun Sulaa Hidup – Buton Pos
Ekobis

Ketua Dekranas Sultra Harap Galeri Tenun Sulaa Hidup

tina nur alam

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Sulawesi Tenggara, Tina Nur Alam, mengharapkan Galeri Tenun serta Kampung Wisata Tenun Sulaa dapat terus hidup dan berkelanjutan. Tidak hanya sebatas perayaan seremonial belaka.

Bukan tidak mungkin, Anggota DPR RI ini menyebutkan ada Bank Indonesia (BI) yang memberikan modal serta pembinaan secara khusus untuk meningkatkan kualitas tenun.

“Kita harapkan bisa berkelanjutan, karena ini yang menjadi bapak angkat adalah Bank Indonesia yang membina para pengrajin, mereka yang membiayai keseluruhan dan bagaimana diajarkan pemasaran, serta bagaimana kualitas tenun yang baik,” kata Tina kepada awak media usai pengguntingan pita Galeri Tenun Sulaa, Selasa (05/12/17).

Lebih lanjut ia berharap, tenun di Sulawesi Tenggara khususnya Kota Baubau terus dapat dilestarikan dengan baik sehingga bisa melahirkan regenerasi pengrajin kain tenun.

“Kita lihat pengrajinnya sudah Ina-Ina (tua, red), harus ada generasi muda supaya tidak punah, tenun di Sultra sudah banyak motifnya dengan ciri khas masing-masing, sebagai orang Sultra kita merasa bangga,” tutupnya. (po4)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!