KKBB-M Sultra akan Verifikasi Data Pengungsi Maluku dan Malut – Buton Pos
Suara Sultra

KKBB-M Sultra akan Verifikasi Data Pengungsi Maluku dan Malut

BUTONPOS.COM, KENDARI – Pasca bertemu dengan pihak Kementerian Sosial (Kemensos) RI di Jakarta, beberapa waktu yang lalu, pihak Kerukunan Keluarga Besar Buton Maluku (KKBB-M) Sultra akan kembali melakukan verifikasi terhadap data warga eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara (Malut) yang berdomisili di wilayah Sulawesi Tenggara. Verifikasi bakal dilakukan dengan metode By Name By Adress.

Ketua KKBB-M Sultra, La Ode Darmawan mengatakan, pihaknya beberapa waktu lalu mendatangi Kemensos RI di Jakarta guna menyerahkan data verifikasi sementara eks pengungsi Maluku dan Malut yang ada di Sultra dan sekaligus menanyakan kejelasan bantuan untuk warga eksodus tersebut.

Sesuai diktum putusan Mahkamah Agung (MA) No.1950/K/PDT/2016, dimana dalam amar keputusan tersebut, bahwa warga eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara yang ada di Sultra yang akan menerima bantuan dana BBR (bahan bangunan rumah) sebesar Rp 18.500.000,-/KK.

“KKBB-M Sultra pada tanggal 18 Maret 2019 mendatangi Kementerian Sosial RI dalam rangka menyerahkan data hasil verifikasi sementara eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara yang berdomisili di Sultra, sebanyak 4871 KK dari jumlah 68 ribu KK sebagaimana putusan Mahkamah Agung No . 1950/K/PDT/2016. Kemudian dalam waktu dekat, kami akan melakukan verifikasi tambahan By Name By Adress bagi warga eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara yang ada di Sulawesi Tenggara yang belum terdentifikasi,” papar Wawan (sapaan La Ode Darmawan).

Wawan menambahakan, untuk syarat verifikasi by name by adress itu yakni warga eks pengungsi Maluku dan Maluku utara pada tahun 1999. Kemudian warga tersebut pernah menerima dana terminasi sebesar Rp 3,5 juta pada tahun 2003-2004 serta melampirkan foto coppy e-KTP dan Kartu Keluarga (KK).

“Sebelumnya, dari 17 kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Tenggara, kami baru mengumpulkan verifikasi data masyarakat eks Maluku dan Maluku Utara di empat wilayah yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Tengah dan Kabupaten Buton Selatan. Dari pertemuan kami dengan pihak Kementerian Sosial RI bidang penanganan eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara, membahas mengenai bantuan eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara khususnya yang berada di Sultra berdasarkan Putusan Mahkama Agung (MA) Nomor. 1950/K/PDT/2016,” terangnya.

Lanjut dia, dari pertemuan dengan pihak Kemensos tersebut, pihaknya baru menyerahkan data pengungsi Maluku dan Maluku Utara untuk empat wilayah yakni Kota Baubau, Kabupaten Buton, Kabupaten Buton Tengah dan Kabupaten Buton Selatan sebanyak 4.871 KK yang merupakan hasil pendataan verifikasi pengurus KKBBM Sultra.

“Kementerian Sosial RI yang diwakili kepala bidang penanganan bantuan eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara pada saat itu mengatakan bahwa terkait dengan bantuan untuk pengungsi Maluku dan Maluku Utara masih menunggu hasil upaya hukum atas putusan Mahkama Agung Nomor. 1950/K/PDT/2016. Namun secara garis besar, untuk jumlah pengungsi terjadi pembengkakan data sebesar 68 ribu KK yang ada di Sultra sehingga harus dilakukan verifikasi ulang mengenai kebenarannya,” bebernya.

Kata Wawan, secara garis besar pihak Kemensos memberikan petunjuk kepada Ketua KKBBM Sultra untuk melakukan verfikasi ulang di lapangan terhadap eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara secara transparan. Karena yang terjadi sampai saat ini belum ada data domisili yang valid mengenai warga eks Maluku dan Maluku Utara di Sultra berdasarkan data e-KTP. Apabila telah ada data by name by adress yang valid mengenai jumlah eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara di Sultra, maka Kementerian Sosial RI siap untuk melaksanakan amar putusan MA No.1950/K/PDT/2016.

“Penyampaian terakhir dari pihak Kementerian Sosial RI, akan menyelesaikan persoalan eks pengungsi Maluku dan Maluku Utara sesuai dengan amar putusan Mahkama Agung No.1950/K/PDT/2016. Dan kemudian akan direalisasikan dan siap menjalankan putusan dana BBR. Untuk info selanjutnya bisa menghubungi sekertariat KKBBM Sultra yang bertempat di Kelurahan Wameo, kompleks pasar wameo Kota Baubau,” pungkasnya. (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top