Kolaka Akhirnya Ditetapkan Sebagai Tuan Rumah Porprov 2018 – Buton Pos
Sportivo

Kolaka Akhirnya Ditetapkan Sebagai Tuan Rumah Porprov 2018

Plt Gubernur Sultra Saleh Lasata saat berdialog dan menyerahkan SK tuan rumah Porprov Sultra 2018, kepada Bupati Kolaka Ahmad Safei yang dihadiri sejumlah pejabat, di ruang kerja Wakil Gubernur Sultra di Kendari, Senin (29/1)

BUTONPOS.COM, KENDARI – Kabupaten Kolaka akhirnya resmi ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sultra XIII tahun 2018.

Penetapan kabupaten Kolaka sebagai tuan dicapai dalam rapat terbatas antara Pemprov Sultra, Pemda Kolaka, DPRD Kolaka, DPRD Sultra, serta pengurus KONI Sultra dan Kolaka, di ruang kerja Wakil Gubernur Sultra di Kendari, Senin (29/1).

Dalam rapat yang dipimpin langsung Wagub sekaligus Plt Gubernur Sultra Saleh Lasata, disepakati 3 poin penting terkait perhelatan Porprov.

Tiga poin tersebut yakni kesiapan Pemprov Sultra mengalokasikan anggaran hingga Rp 10 miliar untuk membiayai kegiatan, termasuk pembenahan venue Cabor.

Poin lainnya terkait nota kesepahaman menyangkut jaminan dukungan untuk menyukseskan Porprov oleh siapa saja yang nantinya dipercaya menempati posisi Pj Gubernur Sultra dan Plt bupati Kolaka.

Poin ketiga, penyelenggaraan Porprov XIII akan dilaksanakan pada awal atau pertengahan Desember 2018 di beberapa venue yang telah dipersiapkan oleh tuan rumah Kolaka.

Bupati Kolaka Ahmad Safei menghadiri langsung rapat tersebut bersama Wakil Bupati Muhammad Jayadin yang juga ketua KONI kabupaten Kolaka.

Hadir pula dalam rapat tersebut Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir, Sekda Pemprov sekaligus ketua KONI Sultra Lukman Abunawas, dan pejabat terkait dari Pemprov Sultra dan Pemda Kolaka.

Untuk diketahui, penunjukkan Kolaka sebagai tuan rumah penyelenggara Porprov Sultra XIII tahun 2018 diambil setelah Kolaka Utara yang sebelumnya ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan 4 tahunan tersebut, mengundurkan diri.

Selain kabupaten Kolaka, dua daerah lainnya yakni Konawe dan kota Kendari dimasukkan dalam daftar tuan rumah cadangan.

Meski akhirnya Kolaka bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Porprov XIII 2018, namun Bupati Kolaka Ahmad Safei sempat mengajukan beberapa syarat sebelum menerima tanggungjawab besar tersebut.

Syarat tersebut terkait dengan penganggaran dan jaminan semua pihak untuk kesuksesan penyelenggaraan kegiatan.

Syarat-syarat tersebut diajukan mengingat pada momentum politik 2018, Ahmad Safei selaku bupati Kolaka akan cuti dari jabatan bupati karena kembali mencalonkan diri sebagai bupati Kolaka bersama wakilnya, Muhammad Jayadin.

Demikian pula periode kepemimpinan Gubernur Sultra yang kini dijabat oleh Plt Saleh Lasata akan berakhir Februari mendatang, dan digantikan oleh seorang penjabat (Pj) gubernur.

Kondisi tersebut dinilai “kurang ideal” oleh bupati Kolaka untuk penyelenggaran iven besar sekelas Porprov kali ini.

“Saya cuti setidaknya Februari, gubernur akan berakhir periodenya, Sekda provinsi yang juga ketua KONI akan mundur dari jabatannya. Ini rawan untuk kegiatan besar. Makanya kita nyatakan bersedia menjadi tuan rumah asalkan ada dukungan pendanaan dan jaminan bahwa siapa saja yang jadi Pj Gubernur dan Plt Bupati Kolaka nanti komitmennya sama dengan kita,” kata Ahmad Safei beberapa waktu lalu.(p12)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top