Komposisi Fraksi DPRD Baubau Diprediksi Berubah – Buton Pos
Metro Baubau

Komposisi Fraksi DPRD Baubau Diprediksi Berubah

Zahari

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Anggota DPRD Baubau resmi menutup masa sidang III (Juni-September 2019) dan membuka masa sidang I Oktober-Januari 2020), Senin (7/10). Sidang paripurna perdana Legislator periode 2019-2024 ini juga menyusun agenda rencana pembacaan komposisi fraksi.

“Agenda-agenda kita mungkin dimulai besok (hari ini, red) dengan pengumuman fraksi. Tapi, itu tergantung kesiapan teman-teman sehubungan dengan fraksi,” ungkap pimpinan sementara DPRD Baubau, Zahari usai sidang.

Legislator Golkar yang akrab disapa Haji Bobi ini memprediksi ada lima fraksi yang akan terbentuk pada periode ini. Yaitu Partai Golkar-NasDem, PAN-PKB-Berkarya, Partai Gerindra-PKS, PDIP-PPP-PBB dan Partai Hanura-Perindo.

“Fraksi sudah lobi-lobi antar partai. Kalau sudah terbentuk tinggal disampaikan ke sekretariat untuk kita umumkan dalam rapat,” ujar mantan ketua tim pemenangan AS Tamrin-La Ode Ahmad Monianse ini.

Tuntas fraksi, kata dia, maka dilanjutkan dengan agenda pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Meski jadwal padat, pihaknya masih cukup optimis bisa menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2020 tanpa melampaui deadline 30 November 2019.

“Dalam perencanaan kami, setelah fraksi ini akan dilanjutkan ke AKD, tata tertib Dewan termasuk pelantikan pimpinan definitif DPRD. Kita akan berupaya menyelesaikan itu secepatnya,” tandasnya.

Untuk diketahui, komposisi fraksi di DPRD Baubau periode 2014-2019 yakni PAN-PKS (5 kursi+1 kursi), Demokrat-PPP-Gerindra (3 kursi+2 kursi+2 kursi), NasDem-PKB (2 kursi+2 kursi), PBB-PDIP (3 kursi+1 kursi) dan Hanura-Golkar (3 kursi+1 kursi). Sedangkan prediksi 2019-2024 yaitu Golkar-NasDem (4 kursi+2 kursi), PAN-PKB-Berkarya (3 kursi+3 kursi+1 kursi), Gerindra-PKS (3 kursi+1 kursi), PDIP-PPP-PBB (3 kursi+1kursi+1kursi) dan Hanura-Perindo (2 kursi+1kursi).(exa)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top