Kota Baubau Dinilai Mampu Kembangkan UMKM – Buton Pos
Ekobis

Kota Baubau Dinilai Mampu Kembangkan UMKM

workshop ukm

BUTONPOS.COM, BAUBAU – Kota Baubau dinilai mampu untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui peran pemerintah dalam meningkatkan semangat para pelaku usaha baik mikro maupun makro untuk bisa menciptakan produk berkualitas.

Hal ini dijelaskan oleh Pengamat Ekonomi Nasional, Abdul Rahman Farisi yang juga sebagai pemateri dalam kegiatan Workshop sinergitas antar pemerintah daerah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), di Hotel Galaxy Inn Baubau, Selasa (05/12/17).

“Ini adalah bagian-bagian yang bisa dipikirkan oleh kita semua agar bagaimana memberikan semangat kepada pengusaha kecil tersebut dengan mendesain produk-produk yang kreatif dan berkualitas. Memang tidak bisa hanya kita harap dari mereka sendirian, mesti ada inisiatif dari berbagai pihak diantaranya Pemda setempat, dengan melakukan riset, memberikan pelatihan serta bimbingan,” kata Abdul Rahman Farisi kepada awak media.

Kota Baubau sebagai kota dagang, Dosen Ilmu Ekonomi Universitas Hasanuddin ini menilai, perlu adanya kemampuan untuk mengakses informasi seluas-luasnya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi sekarang ini.

“Dari sisi kemampuan untuk beradaptasi dengan teknologi, Kota Baubau sangat
baik, kemampuan untuk mengakses informasi juga akan lebih baik. Dengan demikian, ketika mau mengembangkan ekonomi kreatif di Kota Baubau cukup baik,” pungkasnya.

Agar perekonomian Kota Baubau tidak hanya digerakkan oleh sektor perikanan dan pertanian, Farisi memberikan masukan untuk memanfaatkan ide kreatif kepada generasi muda dalam menciptakan usaha mikro mulai dari mendesain produk sampai pada pemasarannya.

“Dengan memanfaatkan ide kreatifitas dalam kemajuan teknologi informasi untuk bisa mendesain produk dan memasarkan,” tuturnya.

Balon Gubernur Sultra ini menilai usaha kecil bisa dijadikan salah satu penggerak pembangunan di Sulawesi Tenggara yang digerakkan oleh generasi muda. Ia melihat kendala pelaku usaha kecil tidak memiliki strategi pemasaran yang belum menggunakan teknologi informasi.

“Saya kira itu yang perlu diperluas lagi, sekarang ini strategi pemasaran bisa
lewat sosial media,” tutupnya. (po4)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!