KPK Tangani Dugaan Korupsi di Mubar – Buton Pos
Hukum

KPK Tangani Dugaan Korupsi di Mubar

AZHARI

BUTONPOS.COM, RAHA – Tahun 2015 lalu Kabupaten Muna Barat (Mubar) memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sangat besar. Jumlahnya mencapai ratusan miliar rupiah. Dana tersebut untuk pembangunan Ring Road (jalan lingkar), irigasi, dan jembatan.

Namun, dalam perjalananya, dari kegiatan-kegiatan itu terindaksi telah terjadi dugaan korupsi. Aparat penegak hukum pun akhirnya turun melakukan penyelidikan terhadap proyek ring road sepanjang 34 KM dengan total anggaran Rp 98 M, irigasi Katangana I Rp 6,9 M yang disinyalir fiktif.

Penyelidikan awalnya dilakukan Kejaksaan Negeri (Kejari) Muna. Akan tetapi saat ini, penyelidikanya diambil alih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kajati Sultra, Azhari yang dikonfirmasi tak membantah bahwasanya dugaan korupsi di Mubar telah ditangani lembaga anti rasuah itu.

“Kasus ring road Laworo sementara ditangani KPK, sehingga nantinya tidak terjadi tumpang tindih,” ungkap Azhari disela-sela kunjungan kerja di Muna, kemarin.

Kasus dugaan korupsi tersebut terungkap berdasarkan laporan dari Gerak Sultra. Dimana, dalam penelusuran yang dilakukan Ketua Gerak Sultra, La Ode Agus menemukan indikasi korupsi pada mega proyek ring road dan irigasi.

Untuk pengerjaan ring road Laworo, menurut Agus terindikasi terjadi korupsi yang jumlahnya mencapai Rp 30 M dari total anggaran Rp 98 M. Proses pengerjaan jalan itu diduga tidak sesuai RAB.

Dimana, tidak cukup setahun,seluruh ruas jalan ring road rusak parah. Kemudian, irigasi Katangan I sebesar Rp 6,9 M yang dikerjakan PT Carmelita Wa Ode diduga fiktif. (cr1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!