KPU Busel Temukan Potensi Kerusakan Kertas Suara – Buton Pos
Suara Buton Selatan

KPU Busel Temukan Potensi Kerusakan Kertas Suara

BUTONPOS.COM, BUTON SELATAN – Logistik Pemilu 2019 di Kabupaten Buton Selatan (Busel) sementara proses pelipatan. Hingga hari ke lima proses pelipatan, ditemukan ada potensi besar kerusakan kertas suara.

Ketua KPU Busel, Ari Azhari Apriadi mengatakan, Pemilu 2019 tinggal menghitung hari, tepatnya 17 April mendatang. KPU Busel sementara melakukan proses pelipatan kertas suara untuk Pilpres, Pilcaleg dan DPD. Dengan jumlah DPT 58.440 jiwa.

Kata dia, proses pelipatan kertas suara sudah masuk sekitar 75 persen dari tiga jenis kertas suara pemilihan 17 April mendatang. Dari proses pensortiran dan pelipatan logistik, ditemukan kerusakan kertas suara.

“Iya ditemukan kerusakan kertas suara. Tapi belum dihitung secara detail karena masih proses pelipatan. Nanti semua selesai pelipatan baru akan dihitung,” kata Ari Azhari Apriadi kepada media ini, Selasa (19/3).

Dikatakan, KPU dan Bawaslu berdasarkan SOP, kerusakan itu bermacam-macam, ada kerusakan karena surat suara robek, baik di bagian sisi dan di tengah. Kertas suara rusak karena kabur, tidak jelas. Terdapat noda bercak yang membuat tulisan nama atau foto menjadi kabur.

Jadi ada beberapa kategori suara bisa dikatakan rusak. “Iya ditemukan kerusakan kertas suara dari proses pelipatan itu, tapi belum dihitung,” ujarnya lagi.

Jumlah kertas suara rusak, Ari mengaku belum diketahui secara detail karena masih dalam proses pelipatan. Nanti setelah proses pelipatan selesai baru mulai dihitung.

Ari menambahkan, soal kekurangan logistik kertas suara akan tiba perkiraannya tanggal 19 April, melalui provinsi di Kendari, selanjutnya dikirim ke kabupaten/kota, salah satunya Busel. (aga)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top