KPU Buteng Terima 488 Boks Surat Suara Pemilu 2019 – Buton Pos
Suara Buton Tengah

KPU Buteng Terima 488 Boks Surat Suara Pemilu 2019

BUTONPOS.COM, BUTON TENGAH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) telah menerima logistik surat suara untuk Pemilu serentak pada 17 April medatang yang tiba di gudang KPUD dalam pengawalan ketat Kepolisian dan pengawasan Bawaslu, Rabu (13/3).

Logistik surat suara tersebut tersimpan dalam 488 boks yang masih tersegel. Dalam surat bukti tanda terima barang, dalam 488 boks itu berisi surat suara DPR RI Dapil Sultra 79.145 lembar, DPRD Provinsi Sultra Dapil 4 79.145 lembar, DPRD Kabupaten Buteng Dapil I 19.206 lembar, Dapil II 21.351 lembar, Dapil III 13.942 lembar, Dapil IV 19.371 lembar, dan Dapil V 10.278 lembar.

“Total surat suara yang tersimpan dalam 488 boks tersebut sebanyak 242.437 lembar. Minus surat suara untuk DPD-RI dan Pilpres yang belum ada. Kemungkinan minggu depan baru tiba di gudang KPU Buteng,” ungkap Ketua KPU Buteng La Ode Nuriadin.

Sembari menunggu tibanya surat suara DPD-RI dan Pilpres tersebut, pihaknya akan melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara yang sudah ada. KPU Buteng sendiri telah melibatkan sekitar 40 petugas dari masyarakat sekitar untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara tersebut.

“Kemungkinan satu dua hari ini kita akan melakukan penyortiran surat suara yang sudah ada untuk mengetahui surat suara rusak dan tidak. Surat suara yang tidak rusak akan langsung dilakukan pelipatan dan kita targetkan selesai dalam waktu lima hari,” tutur Nuriadin.

Komisioner Bawaslu Buteng, Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, Jais, mengaku pihaknya ikut mengawasi dari pembongkaran kontainer melalui kapal di Pelabuhan Baubau hingga boks surat suara diantar ke gudang KPU Buteng.

“Dari pelabuhan sampai tiba di gudang KPU Buteng, kami sudah pastikan semua boks masih tersegel dengan baik,” tuturnya.

Pihaknya juga akan tetap melakukan pengawasan lanjutan dari pembongkaran boks, penyortiran dan pelipatan surat suara, hingga memastikan berapa surat suara rusak atau tidak nantinya. “Semuanya tidak akan luput dari pengawasan Bawaslu,” tandasnya.(uzi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top