KPU Buton Coret Dua Caleg Pemilu 2019 – Buton Pos
Suara Buton

KPU Buton Coret Dua Caleg Pemilu 2019

BUTONPOS.COM, BUTON – KPU Kabupaten Buton mencoret dua nama calon legislator (Caleg) dari peserta Pemilu 2019 karena dinilai tidak memenuhi syarat anggota partai politik (Parpol). Keduanya yakni Kasria Kasman nomor urut 7 PKS di Dapil III, dan Yuliarti nomor urut 2 Hanura di Dapil II.

Pencoretan Caleg ini dilakukan akhir 31 Januari lalu. Namun KPU Kabupaten Buton memastikan nama keduanya masih terdaftar dalam surat suara yang telah lebih dulu dicetak.

“Di surat suara nama keduanya masih ada, karena kita coret tanggal 31 Januari. Sedangkan surat suara ke produksi itu pada tanggal 14 Januari. Dan bila kita lakukan pencoretan di bulan Desember pun tidak akan mungkin merubah surat suara,” kata Ketua KPU Kabupaten Buton, Burhan, di kantornya, Kamis (7/2).

Atas tercotnya dua nama Caleg tersebut, Burhan mengaku pihaknya terus melakukan sosialisasi di Dapil II dan II. Namun jika pun ke depan tetap dicoblos, maka akan masuk menjadi suara Parpol.

“Kalau yang kita coret ini masih ada yang coblos, maka dia nanti masuk sebagai suara sah Parpol. Ada draft PKPU nya karena surat suara sah itu ada suara sah Parpol, dan ada suara sah Caleg,” ujarnya.

Dengan tercoretnya dua nama Caleg ini, maka Caleg yang ada di tiga Dapil Kabupaten Buton sekarang tinggal 352 dari sebelumnya 354 orang. Hal ini tidak memperngaruhi status pencalonan karena yang dicoret hanya nama, foto dan lainnya tidak termasuk nomot urut. (man)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top