KPU Buton Terima LPSDK dari Tiga Parpol – Buton Pos
Suara Buton

KPU Buton Terima LPSDK dari Tiga Parpol

BUTONPOS.COM, BUTON – Memasuki awal Januari 2019, KPU Buton sudah menerima Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) dari tiga partai politik (Parpol), yakni PSI, Garuda, dan PAN. Parpol lainnya akan menyusul kemudian.

“Saat ini sudah tiga Parpol yang menyerahkan LPSDK nya. Ketiganya yaitu PAN, Garuda, dan PSI,” kata Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Buton, Sarfan Kurnia, di ruang kerjanya, Rabu (2/1).

Menurutnya, Parpol lain juga sudah sering melakukan konsultasi dengan pihaknya sejak beberapa hari terakhir. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kekeliruan dalam melaporkan LPADK.

“Parpol yang lain beberapa hari ini baru sebatas konsultasi. Setiap partai dia kirim LO nya,” katanya.

Sebagaimana ketentuan yang berlaku, jelas Sarfan, batas penyetoran LPSDK berakhir kemarin, pukul 18.00 Wita. Setiap Parpol wajib menyerahkan ketentuan pemilu tersebut sebelum batas waktu yang ditentukan.

“Ini kan penting supaya kita tau dana yang masuk pada saat di awal kampanye, supaya kita tau pemasukan dan pengeluarannya untuk kita jaga kredibilitas pemilu,” jelasnya.

Dia menegaskan, Parpol yang tidak menyerahkan LPSDK akan disanksi. Mulai dari teguran hingga didiskualifikasi dari Pemilu 2019.

“Sanksinya itu mulai dari teguran, dan sanksi terberatnya diskualifikasi. Juga nanti Parpol yang tidak menyerahkan LPSDK nya akan diumumkan di publik,” tandasnya. (man)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top