KPU Coret Lagi Ratusan WNA di DPT – Buton Pos
Nasional

KPU Coret Lagi Ratusan WNA di DPT

BUTONPOS.COM, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencoret 370 warga negara asing (WNA) dari daftar pemilih tetap ( DPT) Pemilu 2019. Mereka diketahui terbesar di berbagai provinsi.

Komisioner KPU Viryan Azis mengatakan, pencoretan dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan tiga lembaga. Badan Pengawas (Bawaslu), Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Jadi ada 370 WNA yang telah dicoret ya?,” ujar Viryan saat dihubungi, Rabu (13/3).

Viryan menambahkan, 370 WNA ini tersebar di 19 Provinsi di Indonesia. KPU saat ini terus melakukan penyisiran mengenai WNA yang terindikasi masuk dalam DPT di Pemilu 2019.

“Itu hasil kerja tenis KPU, Bawaslu, dan Dukcapil,” katanya.

Adapun data dari 370 WNA yang masuk di DPT Pemilu 2019 adalah: Bali: 74, Banten: 14, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY): 24, DKI Jakarta: 76, Jambi: 1, Jawa Barat: 86, Jawa Tengah: 31, Jawa Timur: 41, Kalimantan Barat: 2, Kalimantan Selatan: 1, Kalimantan Timur: 2.

Kemudian, Kepulauan Bangka Belitung: 1, Kepulan Riau: 2, Lampung: 1, Nusa Tenggara Barat: 6, Nusa Tenggara Timur: 2, Sulawesi Selatan: 1, Sulawesi Utara: 2 dan Sulawesi Barat: 3?.

Sebelumnya, polemik WNA terdaftar dalam DCT berawal ketika WNA berkebangsaan Tiongkok bernama Guohui Chen? memiliki e-KTP. Dia juga terdaftar dalam DPT di KPU Kabupaten Cianjur.

Dirjen Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh mengklarifikasi bahwa ada kesalahan input data oleh KPUD Cianjur. Sebab, data NIK tersebut ternyata bernama Bahar.

Zudan menjelaskan, NIK atas nama Bahar belum tercantum dalam DPT di KPU Kabupaten Cianjur. Sementara, NIK yang ada dalam DPT saat ini adalah milik WNA bernama Guohui Chen.

Zudan lebih lanjut menjelaskan, meski Guohui Chen memiliki e-KTP, namun yang bersangkutan tetap tidak mempunyai hak pilih pada Pemilu 2019. Pasalnya, Chen bukan merupakan WNI. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top