KPU: Masih Ada Caleg Eks Koruptor – Buton Pos
Politik

KPU: Masih Ada Caleg Eks Koruptor

BUTONPOS.COM, JAKARTA – Ternyata caleg mantan terpidana kasus korupsi jumlahnya bukan ada 49 orang. Pasalnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) mendapat aduan lagi? adanya eks koruptor yang mencalonkan menjadi caleg.

Komisioner KPU, Ilham Saputra mengatakan ketika nama 49 itu dirilis. Maka ada beberapa daerah di KPU Kabupaten/Kota yang memberitahukan masih adanya caleg mantan terpidana korupsi.

“Jadi ada KPU Kabupaten/Kota dan Provinsi yang mengatakan masih ada. Jadi berpotensi bertambah,” ujar Ilham di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (1/2).

?Ilham mengaku sudah mendapatkan informasi dari koleganya Ketua KPU Arief Budiman, untuk menunggu lagi selama satu pekan. Hal itu dilakukan untuk mengumpulkan kembali eks narapidana kasus korupsi.

“Ya sudah ita tunggu untuk seminggu ini,” katanya.

KPU menginginkan semua caleg mantan terpidana korupsi diumumkan semua. Sehingga tidak ada yang terlewat oleh KPU. ?Hal ini juga penting untuk menginformasikan ke publik.

“Kita tunggu datanya. Jangan sampai ada yang terlewatkan, nanti disebut perlakuannya berbeda,” ungkapnya.

Setelah rampung semua data-data mantan narapidana kasus korupsi. Maka lembaga yang dikepalai oleh Arief Budiman ini bakal mengumumkan kembali ke publik.

“Nanti ita akan cek dengan datanya. Jadi akan kita umumkan lagi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman mengatakan ada 12 partai politik yang memiliki caleg yang pernah menjadi terpidana kasus korupsi. Sementara sisanya empat partai, yakni PKB, Nasdem, PPP dan PSI tidak memiliki caleg eks koruptor.

Adapun total ada 49 caleg yang bertatus mantan terpidana kasus korupsi. Seperti DPRD Provinsi sebanyak 16 caleg, DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 24 caleg, dan DPD sebanyak sembilan caleg, dan caleg untuk DPR jumlahnya tidak ada. (jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top