KPU Mubar Butuh 100 Tenaga Lipat Kertas Suara – Buton Pos
Suara Muna

KPU Mubar Butuh 100 Tenaga Lipat Kertas Suara

BUTONOPOS.COM, – Maret ini, KPU Mubar akan kedatangan sekitar 283.784 kertas suara untuk pemilihan calon presiden (Capres), calon legislatif (Caleg), dan Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Total 283.784 sekian kertas suara tersebut hasil akumulasi jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Mubar yakni sebanyak 55.644 jiwa dikali 5 kertas suara untuk pemilihan Capres, Caleg DPR RI, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/Kota, serta DPD ditambah 2 persen.

Kertas suara yang akan dikirim ini belum dilipat. Nanti tiba di KPU Mubar baru akan dilipat. Tentunya sebuah pekerjaan berat bagi pihak KPU untuk menuntaskan proses pelipatan kertas suara bagi para calon itu.

Untuk meringankan pekerjaan, pihak KPU rencananya akan merekrut sebanyak 100 orang sebagai tenaga pelipat kertas suara. Hal itu diungkap ketua KPU Mubar, Awaluddin Usa.

“Mengingat kertas suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak ini cukup banyak, maka kita akan menyiapkan tenaga sekitar 100 orang lebih untuk membantu proses pelipatan dan sortir,” ungkapnya.

Rencananya pihak KPU akan melibatkan anggota PPS, KPPS, serta pihak sekretariat ditambah beberapa orang warga untuk melakukan pelipatan serta sortir kertas suara. Pelipatan kertas suara ini nantinya akan dilakukan di kantor KPU Mubar.

“Kita targetkan dengan jumlah personel 10 orang lebih itu, pelipatan kertas suara akan tuntas dalam waktu 10 hari. Kalau kita kerja sendiri pelipatan kerta suara ini akan memakan waktu yang cukup lama. Sebab personel yang bekerja di KPU tidak terlalu banyak,” tuturnya.

KPU akan memperketat proses pengawasan saat pelipatan kertas suara. Hal ini dilakukan untuk menghindari unsur kecurangan atau permainan dengan mencoblos duluan kertas suara, oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

“Untuk menghindari jangan sampai ada yang bermain dengan mencoblos duluan kartu suara, kita akan perketat pengawasan. Kita tidak akan biarkan mereka kerja sendiri, harus ada yang awasi,” pungkasnya. (p5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top