Kurangi Pengangguran Perawat, INTC Join AHC Hadir Tawarkan Solusi – Buton Pos
Suara Sultra

Kurangi Pengangguran Perawat, INTC Join AHC Hadir Tawarkan Solusi

Ilustrasi

BUTONPOS.COM, KENDARI- Dalam rangka mengurangi angka pengangguran khususnya pada disiplin ilmu keperawatan, Internasional Ners Training Center (INTC) bekerja sama dengan Al Kobar Health Center (AHC) hadir di Provinsi Sulawesi Tenggara dengan memberikan solusi untuk bagi Perawat untuk bekerja di Luar Negeri, Rabu (9/10).

Direktur AHC, Dr. Muh Rustam, Sp OT., M.Kes mengatakan INTC bersama Yayasan AHC melaksanakan pendidikan kelas khusus untuk mengasah kemampuan khususnya dengan memberikan bekal bahasa asing supaya dapat berkompetisi dengan negara lain. Dengan ditambah pelatihan lainnya dipersiapkan untuk setiap peserta siap pakai dan memiliki daya saing di pasar global.

“INTC dan AHC, khususnya memfasilitasi melalui pendidikan bagi alumni kesehatan yang siap bekerja di luar Negeri diantaranya untuk siap bekerja di Negara Jepang, Korea, Jerman dan negara lainnya” jelas Muh Rustam.

Ia menerangkan, kegiatan pendidikan tersebut, dilaksanakan selama 6 bulan sampai dengan selama satu tahun. Dimana Alumni ini, akan dipersiapkan untuk rumah sakit dan pusat pelayanan kesehatan lainnya yang mana akan bekerja sama dengan pihak Internasional ners training center (INTC). Apalagi Yayasan AHC ini bekerja sama dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Dimana lembaga tersebut adalah sebuah Lembaga Pemerintah Non Departemen di Indonesia yang mempunyai fungsi pelaksanaan kebijakan di bidang penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri secara terkoordinasi dan terintegrasi.

“Pihak AHC akan membantu dan memfasilitasi Alumni Kesehatan untuk bekerja di luar negeri. Karena jima bekerja ke luar negeri adalah pilihannya, maka pemerintah hanya memfasilitasi dan semua biaya ditanggung oleh pemerintah melalui prosedur yang benar,” pungkasnya.

Sementara itu, Pembina Yayasan AHC, Muhamad Kobar menjelaskan, dengan adanya kesempantan kerja diluar negeri, dapat meningkatkan jaminan kesejahteraan bagi para tenaga kesehatan serta mengurangi angka pengangguran yang terjadi setiap tahunnya khususnya diwilayah Sulawesi Tenggara.

“Dengan hadirnya INTC dan Yayasan AHC di Sulawesi Tenggara, ini akan membuka peluang bagi alumni kesehatan untuk berkesempatan bekerja diluar negeri dengan gaji yang menjanjikan,” tutup Muhamad Kobar.

Menurut data yang dihimpun di lapangan, Yayasan Al Kobar Health Center (AHC) akan melakukan lounching pada tanggal 17 November 2019, di Claro Hotel dengan tema “Sosialisasi Peluang Kerja dan Penyaluran Tenaga Kesehatan di Luar Negeri bagi Alumni Sektor Kesehatan dan mengundang seluruh Rektor maupun Pimpinan Perguruan Tinggi se-Sulawesi Tenggara (Sultra). (m1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top