La Bakry: Pembangunan Sejumlah Pabrik Aspal Hampir Rampung – Buton Pos
Suara Buton

La Bakry: Pembangunan Sejumlah Pabrik Aspal Hampir Rampung

BUTONPOS.COM, BUTON – Bupati Buton, La Bakry membeberkan segala capaian pembangunan utamanya infastruktur, sepanjang tahun 2018 lalu. Mulai dari jalan, jembatan hingga infrastruktur dasar lainnya yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Memasuki tahun 2019 ini, La Bakry menyampaikan bahwa pembangunan sejumlah pabrik aspal di Buton hampir rampung. Kehadiran pabrik aspal itu akan menyerap ribuan tenaga kerja dan menambah pundi penadapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Buton.

“Dan yang paling menggembirakan kita semua adalah pembangunan sejumlah pabrik aspal yang hampir rampung. Ini akan menyerap ribuan tenaga kerja. Tenaga ahli yang bekerja di perusahan itu juga melibatkan putra daerah yang mahir di bidangnya,” kata Suami Delya Montolalu itu pada malam pegantian tahun 2018 ke 2019 lalu.

Sementara itu, seperti dilansir sebelumnya, PT Wika Bitumen akan bertransformasi jadi perusahaan pengolah aspal. Saat ini, anak usaha PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) ini hanya menjalankan bisnis penjualan raw material atau bahan baku aspal.

Wika Bitumen melihat potensi pasar aspal di dalam negeri sangat besar sejalan dengan banyaknya pembangunan proyek-proyek infrastruktur. Sementara produksi aspal lokal masih sangat kecil sehingga Indonesia masih sangat tergantung pada impor.

Oleh karena itu, Wika Bitumen akan membangun dua pabrik pengolahan aspal dengan menjalin kerja sama dengan mitra strategis. Pertama, perusahaan akan bangun pabrik bersama dengan investor China dan satu lagi akan dibangun bekerjasama dengan Pertamina.

“Rata-rata kebutuhan aspal hotmix nasional mencapai 1,5 juta ton per tahun. Sementara produsen utama lokal yaitu Pertamina hanya mampu menyuplai sekitar 400.000 ton per tahun. Sementara sisanya masih mengandalkan impor. Dalam empat tahun ke depan kami menargetkan bisa melayani 30%-40% dari pasar itu,” kata Yudi Widodo, Direktur Keuangan Wika Bitumen, beberapa waktu lalu.

Bersama dengan investor China, Wika Bitumen membangun pabrik di Buton. Tahap awal, mereka mengembangkan pabrik dengan kapasitas 60.000 ton dan ditargetkan beroperasi pada 2019.

Sementara bersama Pertamina, perusahaan belum menetapkan lokasi dan kapasitas pabrik yang akan dibangun. Yudi menjelaskan, pihaknya berencana bekerjasama dengan Pertamina lantaran untuk menghasilkan produk dengan campuran bahan baku yang dimiliki Wika Bitumen dan raw material perusahaan energi pelat merah tersebut. Saat ini keduanya masih menjajaki komposisi produk aspal yang akan dihasilkan.

Lokasi pembangunan pabrik atas kerjasama Wika Bitumen dan Pertamina tersebut juga masih belum ditetapkan apakah akan di Buton atau di Pulau Jawa yang memiliki potensi pasar lebih menguntungkan. “Lokasi pabriknya masih kami survei, tetapi lokasi yang prospektif sepertinya ada di Jawa ke arah utara,” kata Yudi. (sr)



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

Copyright © 2019 Butonpos

To Top