Langganan Banjir, Tiga Sungai di Mubar Dinormalisasi – Buton Pos
Suara Muna

Langganan Banjir, Tiga Sungai di Mubar Dinormalisasi

Sungai di Desa Waturempe mulai dinormalisasi dengan cara dikeruk hingga kedalaman 1,5 meter

BUTONPOS.COM, MUBAR – Janji Gubernur Sultra, Nur Alam, pada acara ramah tamah di rumah jabatan (Rujab) Bupati Muna Barat (Mubar) beberapa bulan lalu akhirnya tereaslisasi. Pemprov Sultra telah menggelontorkan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) provinsi untuk normalisasi sungai di Mubar.

Saat itu, Nur Alam berjanji akan membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mubar, setelah melihat kondisi beberapa wilayah di daerah ini diserang genangan air, akibat curah hujan. Kini dana tersebut sudah direalisasikan, tiga sungai yang dinormalisasi mulai dikerja yakni Sungai Waturempe, Waukuni dan Wandoke.

Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada mengungkapkan, bukan hanya alokasi anggaran untuk normalisasi tiga sungai, tetapi Pemprov juga telah mengalokasikan anggaran pembangunan Masjid Raya Tiworo sekitar Rp 950 juta.

“Kalau anggaran pekerjaan normalisasi masing-masing sungai itu saya belum pastikan. Hanya saja saat ini aliran sungai sudah digaruk dengan kedalaman sekitar 1,5 meter lebih,” katanya.

Menurutnya, masih ada beberapa daerah aliran sungai (DAS) yang perlu dinormalisasi, seperti Sungai Nihi, Maperaha dan sungai lain di Mubar. Hanya saja yang bisa dikerja tahun 2017 ini baru tiga sungai. Sisahnya nanti dilanjutkan pada tahun anggaran berikutnya.

“Yang kita kerjakan sekarang ini prioritas. Wilayah yang dilalui DAS tersebut sudah menjadi langganan genangan air ketika musim hujan yakni mulai Tiworo, Waturempe, Waukuni, Wandoke, dan Wakoila,” urainya.

Jadi dicari selanya, karena terjadi pembuangan air pada beberapa kilometer seperti yang terjadi di Desa Wandoke, genangan air di badan jalan hingga melewati lutut orang dewasa. Luapan air tidak terarah dengan baik.

“Semua sungai ini muaranya di laut nanti. Kalau Wandoke akan berakhir di Sungai Kambara,” terang mantan Kasatpol PP Sultra ini. (p5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!