Legislator Ancam Gabung Kota Baubau, Ini Tanggapan Warganet – Butonpos
Suara Buton Tengah

Legislator Ancam Gabung Kota Baubau, Ini Tanggapan Warganet

Legislator PAN, H Hasiri saat memberikan interupsi pada rapat paripurna di dprd

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Pengaspalan jalan lingkar Kecamatan sangia wambulu dan jalan lainnya yang menghubungkan antar desa dan SMP Baruta yang tidak direalisasikan Pemkab Buteng pada tahun anggaran 2017, mendapat kecaman dari anggota DPRD Kabupaten Buton Tengah (Buteng) H Hasiri.

Salah satu legislator PAN asal Dapil Kecamatan Sangia Wambulu itu menegaskan, pengaspalan jalan lingkar di daerahnya tersebut merupakan usulan prioritas masyarakat yang diusulkan tahun 2016 melalui Musrembang desa, kecamatan, hingga tingkat kabupaten. Bahkan, melalui reses DPRD yang dihadiri sembilan anggota DPRD termasuk Ketua DPRD saat itu, masyarakat setempat mengingatkan usulan prioritas tersebut.

Namun semua upaya itu, kata Hasiri, tidak bisa juga direalisasikan Pemkab Buteng. Kecamatan Sangia Wambulu hanya dialokasikan sekitar Rp 3 miliar untuk rehab Puskesmas, rehab RKB sekolah, dan pembangunan fasilitas lainnya. Padahal, belanja modal Pemkab Buteng 2017 sekitar Rp 200 miliar.

“Dari anggaran itu, Kecamatan Sangia wambulu hanya dialokasikan sekitar Rp 3 miliar, sementara kecamatan lain dianggarkan hingga belasan miliar. Berarti Sangia wambulu dianaktirikan dan dikucilkan dalam pemerataan pembangunan yang berkeadilan dan ini sebuah kecelakaan. Maka ketika saya reses rapat bersama masyarakat kemarin, mereka mengancam akan pindah atau gabung dengan kota Baubau jika tidak direalisasikan 2018,” ungkapnya kepada sejumlah awak media di Kantor DPRD, Senin (11/9).

Purnawirawan Polri ini mengaku, dirinya sudah menyelidiki dan melakukan penelusuran kenapa permintaan masyarakat Kecamatan Sangia wambulu tidak direalisasikan, ternyata Bappeda main coret-coret. “Mana yang dari Bappeda disini, kenapa bisa main coret-coret seperti itu. Saya ingatkan memang, 2018 nanti jangan lagi seperti itu,” tandasnya dalam rapat evaluasi gubernur terhadap LKPJ APBD 2016 yang ikut dihadiri Wakil Bupati Buteng La Ntau.

Terkait ancaman gabung ke Kota Baubau yang disampaikan H Hasiri dan sudah dirilis media ini sebelumnya, menuai tanggapan kritis dari warganet Buteng dan masyarakat Kecamatan Sangia wambulu lainnya di media sosial facebook.

Diantaranya, akun Maulid Mawasangka Tokotua: Pernyataan ancaman tuk gabung kota baus yang saya anggap lebay,,, daerah kita kan baru seumur bayi, setahun ibarat berjalan masih blm sempurna, lah bagus di diskusikan cari solusi bukan main statemen pindah, itu lebay namanya.

Chusnul Huluk: Betul sekali. Semua orang tau itu lebay, pun ketika wakil Buteng mengakui bahwa sangia Wambulu dianaktirikan, dianaktirikan itu juga lebay. Nah, sebenarnya disini “mungkin” statemen dewannya yang perlu dipertanggungjawabkan. Sebab, saya Tolandona alias bukan baruta juga berasal dari sangia wambulu. Sepakat sama bpk bahwa ini pantas untuk kita bereskan di lapangan. Makasih kritikannya yg sangat membangun. Kenalkan saya masyarakat melata dari Tolandona.

Rizal Khatir Albutuni: ADA APA dengan SANGIA WAMBULU?

Gafur Putrasultra: Mengancam itu bukan solusi saudaraku di sangia, rembukan cari solusi biar gak ada yang tersakiti, semua bisa dibicarakan. Kita baru saja lahir dari rahim pemekaransabar dan sabar

Sa’al Musrimin Hadi: Ini harus di validkan datanya. Saya sepakat sama saudara Chusnul Huluk jgn mengjenalisir Sangia wambulu… Saya Org Sangia Wambulu… Jgn pernyataan seseorg Malah mengjenalisir atw menjastifikasi memukul rata smw masyarakat Sangia Wambulu… Mohon maaf diperjelas dulu Karna Wakil Bupati Buteng Terpilih ini termasuk keturunan dari daerah Sangia Wambulu juga. Skli lagi… Diperjelas…!!! Legislatornya, masyarakat sangia Wambulunya atau Beritanya? Karna berbicara Sangia wambulu cakupannya sangat Komprehensif, validkan datanya sdraq.(uzi)

Click to comment

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />
Enter ad code here

Copyright © 2016 Butonpos

To Top