Legislator Golkar Bentuk Mitra Ojek Mawasangka – Butonpos
Suara Buton Tengah

Legislator Golkar Bentuk Mitra Ojek Mawasangka

Legislator Golkar Saadia bersama pengurus MOM di Kecamatan Mawasangka

BUTONPOS.COM, LABUNGKARI – Menyadari penghasilan tukang ojek dapat ditingkatkan dengan tidak hanya mengandalkan antar jemput penumpang, legislator Golkar Saadia membentuk lembaga ojek di kampung halamannya yang diberi nama Mitra Ojek Mawasangka (MOM).

Dengan memiliki sebuah lembaga resmi, tukang ojek bisa mendapatkan berbagai bantuan kelompok usaha dari pemerintah untuk bisa meningkatkan kesejahteraan keluarganya. Disamping itu, MOM yang dibentuknya tersebut bisa menjadi sebuah organisasi kemasyarakatan yang bisa bermitra dengan pemerintah.

“Dengan lembaga MOM ini, tukang ojek bisa membentuk koperasi, berwira usaha, bergerak meningkatkan perputaran ekonomi di masyarakat, dan berperan dalam pembangunan daerah sebagaimana tujuan dibentuknya MOM adalah menjadi mitra pemerintah,” ungkap Saadia ditemui di Kantor DPRD, Rabu (11/10).

Saadia menuturkan, MOM yang dibentuknya tersebut telah resmi dideklarasikan 11 September 2017. Saat ini, MOM masih memiliki 60 anggota yang diharapkan seiring dengan berjalannya waktu bisa berkembang lebih besar, bukan hanya di Kecamatan Mawasangka saja tapi se Kabupaten Buteng.

Untuk mendapat pengakuan legalitas dari pemerintah, MOM yang dibentuknya tersebut sudah memiliki akta notaris dan mengantongi SK Kementerian Hukum dan HAM serta sudah terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Buteng.

“Sudah ada Sekretariatnya di Mawasangka, lengkap dengan struktur organisasinya mulai dari penasehat, pembina, ketua, sekretaris, bendahara, dan seksi-seksi serta kelengkapan administrasi lainnya,” bebernya.

Kendati MOM ini sudah seperti sebuah organisasi kemasyarakatan, namun fungsi dasarnya sebagai jasa antar jemput penumpang tetap jalan setiap harinya. “Justru tukang ojek yang tergabung dalam MOM ini, menjadikan para penumpang tidak khawatir dengan keselamatannya karena ojek yang ditumpanginya berstatus resmi,” tukasnya.

Demikian juga para tukang ojek yang tergabung dalam MOM, bila ada persoalan atau kecelakaan kerja ada lembaganya yang bisa membantu dan menaunginya. “Kita akan upayakan anggota MOM ini bisa mendapat jaminan kecelakaan kerja dari pemerintah atau BPJS Ketenaga Kerjaan,” janji Saadia.

Sebagai anggota DPRD, Saadia akan selalu siap memfasilitasi program-program yang sudah direncanakan MOM untuk bisa direalisasikan pemerintah daerah. “Insya Allah saya akan selalu siap memfasilitasi program-program MOM ini di pemerintah daerah karena sudah menjadi mitra saya sebagai wakil rakyat,” tutupnya. (uzi)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top