Mahasiswa KKN USN Kolaka Gandeng Pemuda Karang Taruna – Buton Pos
Suara Sultra

Mahasiswa KKN USN Kolaka Gandeng Pemuda Karang Taruna

Para mahasiswa bersama anggota Karang Taruna Desa Lawela, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan.

BUTONPOS.COM, BATAUGA – Mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan VI Tahun 2019 Universitas Sembilanbelas November (USN-Kolaka) Sulawesi Tenggara, tampaknya punya komitmen kuat untuk bersinergi dengan pemuda desa dalam menyukseskan paket program kerja (proker) yang mereka laksanakan di lokasi pengabdiannya.

Hal tersebut, diwujudkan melalui jalinan kerjasama atau bahu-membahu bersama pemuda desa, khususnya anggota karang taruna menyelesaikan bentuk kegiatan yang mereka rencanakan pada saat seminar desa/seminar proker bersama warga masyarakat.
Wujud kerjasama mahasiswa KKN USN Kolaka menggandeng pemuda karang taruna, mewarna di Posko Desa Lawela, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan.

Para mahasiswa bersama anggota karang taruna desa setempat, sukses melaksanakan beberapa paket kegiatan, seperti giat fisik pembuatan papan nama batas dusun, jalan/lorang lingkungan desa, pos kamling, papan nama masjid, dan beberapa kegiatan fisik maupun non fisik lainnya, sejak ditempatkan dilokasi KKN, 14 Agustus 2019 lalu.

Kepala Dusun Kambara, Desa Lawela, Basirun mengungkapkan bahwa selaku aparat pemerintah desa merasa senang dan bahagia, dengan adanya anak-anak mahasiswa yang melaksanakan kegiatan di desa. “Kami bersyukur dan berterima kasih, di Desa Lawela ini juga ditempatkan mahasiswa KKN dari Kolaka. Anak-anak mahasiswa bisa membantu pemerintah di tempat ini, dengan berbagai kegiatannya. Selama ber-KKN, kami warga masyarakat sangat terbantu dan kampung ini ada perubahan. Dimana, anak-anak sekolah mendapat ilmu dan melihat langsung adik-adik mahasiswa bergotong-royang dengan warga masyarakat melaksanakan kegiatan yang sudah dipersiapkan, “kata Nur Isni Nirwan, Sekretaris Mahasiswa KKN Desa Lawela.

Hal senada, Anggota Karang Taruna Desa Lawela, Lasmana juga menyampaikan harapannya bahwa apa yang telah diperbuat oleh anak-anak mahasiswa peserta KKN USN Kolaka, setidaknya memberikan konstribusi bagi kemajuan dan pembangunan di desa ini. “Patut disyukuri dan menjadi kebanggaan bersama karena mahasiswa KKN sudah mencurahkan segala potensi dan kemampuan dimiliki, dan tak kalah adalah niat baik, pikiran dan ide/gagasan untuk mempersembahkan yang terbaik buat desa ini. Kamipun sebagai warga masyarakat yang terhimpun dalam organisasi kepemudaan yang ada di Desa Lawela, ambil bagian dan bekerjasama dalam mewujudkan keinginan baik untuk kepentingan masyarakat, “tukas Lasmana didampingi ibu Nasriah, orangtua asuh Posko KKN Mahasiswa Desa Lawela.

Secara terpisah, Dosen Pembimbing KKN Mahasiswa USN Kolaka, Takwa Rachman via watshappnya menyampaikan bahwa anak bimbingan mahasiswa KKN-nya itu, selain aktif dengan program kegiatan fisik maupun non fisik, juga tak kalah penting adalah upaya mereka dalam memberikan informasi dan pemahaman kepada warga masyarakat, terutama bagaimana mereka bersinergi, menjalin kerjasama, membangun persaudaraan, dan silaturaahim dengan warga masyarakat. “Jika anak-anak mahasiswa peserta KKN, sudah bahu-membahu dengan pemuda di desa dalam menyelesaikan item-item kegiatan, maka Alhamdulilah mereka sudah menjadi bagian dalam masyarakat, dan disanalah mereka belajar yang sesungguhnya kehidupan dalam hidup bersmasyarakat, “tandas Takwa, yang juga salah satu dosen FKIP USN Kolaka.



Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA POPULER

To Top