Mahasiswa Konkep Nyaris Adu Jotos dengan Pol PP – Butonpos
Suara Sultra

Mahasiswa Konkep Nyaris Adu Jotos dengan Pol PP

Puluhan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di depan Rujab Bupati Konkep

BUTONPOS.COM, LANGARA – Puluhan mahasiswa asal Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar aksi unjuk rasa di depan rumah jabatan Bupati Konkep, Senin (20/3).

Pada aksi demo tersebut, mahasiswa dan petugas Pol PP nyaris adu jotos. Peristiwa itu terjadi saat mahasiswa yang ingin menemui Bupati H Amrullah dihalau sejumlah anggota Pol PP, terjadi saling dorong antar keduanya yang tepat berada di depan mobil para demonstran.

Melihat kondisi aksi agak tegang, Kabid Trantib Dinas Pol PP Kabupaten Konkep, Idham langsung memerintahkan anggotanya untuk membubarkan secara paksa para demonstran. Untung saja apara,t setempat langsung bertindak cepat untuk menenangkan situasi, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diiginkan.

Dalam aksi itu, mahasiswa mendesak Pemda Konkep agar segera membayar ganti rugi lahan masyarakat yang terkena kegiatan pembangunan. Termasuk meminta Bupati H Amrullah dan Wakil Bupati, Andi Muhamad Lutfi segera merealiasikan janji politiknya.

Janji politik tersebut meliputi pembangunan asrama mahasiswa asal Konkep di kendari, mengoptimalkan pelayanan listrik untuk menyala siang-malam, menolak pertambangan, merumuskan regulasi tentang tata ruang wilayah Konkep, menerbitkan NJOP, membangun Perusda, menaikan UMR, serta melakukan Amdal berbagai kegiatan pembangunan.

Terkait tuntutan aspirasi demostran tersebut, Bupati H Amrullah yang didampingi Wakil Bupati Andi Muhamad Lutfi, dan Sekda Cecep Trisnajayadi menemui para pendemo, dan Bupati menyatakan pihaknya siap mengakomodir keinginan para demonstran.

Yakni mengenai pembayaran ganti rugi lahan masyarakat yang terkena pembangunan akan dilakukan pada April mendatang, kemudian akan melakukan pembangunan asrama mahasiswa, pelayanan listrik yang optimal.

Pendirian jaringan Telkomsel di seluruh wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Konkep, pemberian beasiswa secara merata kepada mahasiswa, menolak tambang dan menyediakan Amdal untuk pembangunan yang memiliki dampak resiko lingkungan serta menerbitkan NJOP Kabupaten Konkep.

“Apa yang menjadi tuntutan mahasiswa kami akan berupaya untuk mengakomdirnya secara maksimal, namun perlu diingat pembangunan saat ini berjalan secara bertahap, tapi pada intinya pemerintah akan senantiasa berpikir melakukan program yang terbaik yang bermanfaat untuk kepentingan masyarakat,”ujar Bupati H Amrullah

Sementara itu koordinator aksi itu, Mubarak mengatakan pihaknya merespon secara positif sikap Bupati Konkep, H Amrullah yang telah bersedia memenuhi tuntutan para demostran demi kemjuan Kabupaten Konkep yang lebih maju dan berkembang dimasa mendatang.

“Pada prinsipnya kami berdemo disini hanya untuk meminta aspirasi kami didengar, artinya yang kami sampaikan ini adalah demi kepentingan masyarakat tapi alhamdullah bapak bupati sudah menerima kami dengan baik kami sudah sangat bersyukur aspirasi tersebut dapat ditanggapi,” ujar Mubarak. (p4)

BERITA POPULER

Enter ad code here
Enter ad code here
-DPRD-BAUBAU-HUT-RI-280x300.jpg" alt="" width="280" height="300" class="alignnone size-medium wp-image-212078" />
Enter ad code here

Copyright © 2016 Butonpos

To Top